Target Retribusi Sampah di Pangandaran Capai Rp. 1,5 Miliar

21/05/2017 0 Comments
Target Retribusi Sampah di Pangandaran Capai Rp. 1,5 Miliar

Cucu Kurniawan, Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com)-

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran bidang persampahan menarget Rp. 1,5 miliyar pertahun untuk retribusi sampah sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomo 32 Tahun 2016. dan per bulan April 2017 ini pihaknya mengakui baru bisa merealisasikan lantaran keterbatasan SDM.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Cucu Kurniawan mengatakan, sasaran target bukan hanya retribusi sampah hotel saja, melainkan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan manusia baik itu restoran, home industri, bahkan sampah rumah tangga.

Menurut Cucu, efektifitas penerapan Perda Nomor 32 Tahun 2016 ini baru berlangsung pada bulan April 2017. Ia mengungkapkan sekitar 80 persen dari 340 hotel yang berada di Pangandaran sudah ditarik retribusi sampah. Sedangkan sisanya masih belum terlayani karena keterbatasan pegawai kebersihan yang hanya 83 orang se Kabupaten Pangandaran.

“Terutama perhotelan di Kawasan wisata Batu Hiu dan Batukaras yang belum kita tarik retribusi sampahnya karena kekurangan tenaga kebersihan,” jelas Cucu lagi.

Lebih lanjut, Cucu mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran memiliki rancangan pengelolaan sampah seperti penambahan jumlah tempat pembuangan akhir (TPA). Yakni TPA dibagi menjadi tiga titik, yaitu daerah Kecamatan Padaherang di Desa Bojongsari, Kecamatan Pangandaran di Desa Purbahayu dan di Kecamatan Cigugur.

“Tiga daerah tersebut nantinya akan menjadi TPA sampah, sehingga pengelolaannya bisa terukur sesuai harapan Pak Bupati yang mana akan menjadikan Pangandaran wisata mendunia. Sementara salah satu indikatornya adalah pengelolaan sampah yang baik dan benar. Makanya target retribusi Rp. 1,5 miliyar ini baru tahap awal. Apabila pengelolaanya baik, maka tak mungkin kalau retribusi sampah pada tahun depan dinaikkan,” pungkas Cucu Kurniawan. (Mad/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!