Ternyata Orang yang Biasa Berbohong Mengidap Sakit Mental

12/05/2017 0 Comments
Ternyata Orang yang Biasa Berbohong Mengidap Sakit Mental

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Tidak ada orang yang tak pernah berbohong. Besar kemungkinan orang akan berbohong paling tidak dua kali dalam sehari. Bahkan, seringnya berbohong ternyata bisa diindikasikan bahwa seseorang mengidap penyakit mental.

American Journal of Psychiatry, menjelaskan, kelakuan berbohong dapat dibedakan antara orang normal dengan orang yang mengalami pathological liar. Pathological lying adalah kondisi medis seseorang yang berbohong sepanjang waktu dan melakukannya tanpa alasan apa pun. Berbeda dengan orang yang sengaja berbohong, pasti punya alasan kuat kenapa dia harus melakukannya.

Guna mengetahui apakah seseorang termasuk pathological liar, berikut ini adalah beberapa tandanya;

Kebohonganya terlihat meyakinkan

Orang yang biasa bohong akan sangat ahli mengolah cerita dan menjadikan kebohongannya itu sulit dibedakan dengan yang nyata. Karena, pathological liar sangat pandai menyusun kenyataan menjadi kebohongan. Tanda tersebut kadang sulit ditangkap, tapi jika sering berinteraksi dengan orang tersebut, maka kamu pun bisa membedakannya.

Kebohongan yang membuatnya terlihat sebagai orang baik

Saat dia menceritakan sesuatu, dia selalu menempatkan diri menjadi orang baik, atau terkesan jadi ‘korban’ atau pihak yang dirugikan. Dia akan terlihat seperti seorang pahlawan dalam cerita yang dikarangnya itu. Bisa jadi hal ini dipicu akibat kurangnya rasa percaya diri. Sebab, pathological liar merasa butuh perhatian, dan dia akan melakukan apa saja supaya bisa terlihat baik.

Ceritanya terdengar berlebihan

Bila menceritakan sesuatu, kamu akan sangat mudah menemukan kejanggalan dalam ceritanya, sehingga kamu tahu kalau itu adalah kebohongan. Terkadang ceritanya terdengar tidak masuk akal dan terkesan berlebihan. Bahkan, terkadang dia akan menceritakan cerita yang sama namun dengan alur berbeda kepada setiap orang yang ditemuinya.

Menghindari pertanyaan yang bisa membuat dia ketahuan

Ketika dia diberi pertanyaan yang mengarah kepembuktian kebenaran cerita, dia akan membelokkan pertanyaan tersebut ke topik lain. Namun, bisa juga dia memanipulasi jawaban dan meyakinkan bahwa dia sudah menjawab pertanyaan tersebut. Bahkan, jika ketahuan bohong pun dia akan menyalahkan orang lain atas hal tersebut.

Tetap bersikap santai

Uniknya, orang yang terbiasa berbohong tampak tenang sekali ketika menceritakan kebohongannya. Bahkan, dia tetap bisa menjaga eye contact secara intens selama dia bercerita. Meski demikian, tapi nada bicara dan senyumnya tidak tulus. Terkadang dia pun menunjukkan mood swing yang buruk.

Biasanya orang yang seperti ini akan mengalami delusional, kerap pindah dan gonta-ganti pekerjaan. Orang tersebut juga punya hubungan yang buruk dengan orang-orang yang dikenalnya. Jadi, kamu harus berhati-hati jika bertemu dengan orang jenis ini. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!