UNBK SMKN 3 Banjar Lulus 100%, Puluhan Siswa Langsung Terserap di Perusahaan Besar

12/05/2017 1 Comment
UNBK SMKN 3 Banjar Lulus 100%, Puluhan Siswa Langsung Terserap di Perusahaan Besar

Acara wisuda purna siswa-siswi SMKN Kota Banjar kelas XII angkatan VII tahun 2017, di halaman sekolahnya. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 355 siswa SMKN 3 Kota Banjar yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lulus 100 persen. Puluhan siswanya langsung terserap di beberapa perusahan besar nasional, 3 diantaranya sudah diterima PT. Astra Honda Motor (AHM).

Hal itu diungkapkan Kepala SMKN 3 Banjar, H.An-Nur, saat acara wisuda purna siswa kelas XII angkatan VII tahun 2017, yang berlangsung di halaman kampus SMKN 3 Banjar, Selasa (09/05/2017) lalu.

“Alhamdulillah, banyak lulusan SMKN 3 Banjar terserap di dunia usaha dan industri dari perusahaan besar. Untuk lulusan tahun ini saja ada 3 orang yang diterima PT. AHM, beberapa diterima di PD. Rasa Asli dan PT. Fresh On Fresh Food, serta banyak lagi,” tuturnya, kepada Koran HR.

Sedangkan, lanjut An-Nur, siswa lulusan lainnya masih menunggu hasil seleksi dan wawancara di perusahaan otomotif Yamaha, CNC (perusahaan sperpart motor mobil), Toyota, dan perusahaan besar lainnya.

Para lulusan SMKN 3 Banjar sebelumnya juga sudah banyak bekerja di perusahaan besar tersebut. Ada pula yang bekerja di Montigo Resort Seminyak Bali, Bintan Lagoon Resort, Samsung, dan sebagainya.

Semuanya yang diterima di perusahaan besar itu dari siswa-siswi jurusan yang ada di SMKN 3, yakni jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Otomotif, Pertanian, Akuntansi, dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Namun, ada juga siswa lulusan di tahun ajaran 2016/2017 ini yang melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Pergurua Tinggi Swasta (PTS).

“Banyak siswa lulusan terserap di perusahaan besar dan banyak juga yang melanjutkan dan diterima di PTNegeri. Tentu hal ini menjadi kebanggaan bagi kami. Semoga lulusan berkualitas siswa di sini terus berlanjut di tahun ajaran berikutnya,” harap An-Nur.

Dia menyebutkan hasil UNBK tahun 2017 ini yang diraih siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tertinggi mencapai nilai 90, Bahasa Inggris mencapai nilai 82, Matematika 80, serta mata pelajaran produksif dari setiap jurusan 84. Intinya, semua siswa SMKN 3 Banjar kelas XII yang berjumlah 355 itu lulus 100 persen.

Selain itu, An-Nur juga menjelaskan, bahwa kuota penerimaan siswa baru di SMKN 3 Banjar untuk tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 16 rombongan belajar (rombel) dan masing-masing rombel 36 siswa dengan jurusan kejuruan yang ada.

“Ruang kelas yang ada sekarang tersedia 37 kelas. Perlahan dan pasti kekurangan RKB, dapat segera terpenuhi. Sarana dan prasarana yang tersedia sekarang ini, selain bantuan pemerintah, juga tak lepas dari sumbangsih orang tua siswa melalui komite,” pungkasnya. (Nanks/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. bilal May 13, at 07:20

    Semoga kualitas lulusan nya semakin "baik" lagi ya. Aamiin

    Reply

Leave a Reply