Akibat Mahal, DPRD Pangandaran Lakukan Sidak Gas Elpiji

16/06/2017 0 Comments
Akibat Mahal, DPRD Pangandaran Lakukan Sidak Gas Elpiji

Angota DPRD Pangandaran Komisi II saat melakukan sidak di salah satu agen penyedia gas elpiji 3 kilogram. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M Ridwan menanggapi serius terkait adanya dugaan lonjakan harga eceran LPG 3 kilogram dipasaran setelah Pemda mengeluarkan Surat Edaran mengenai harga eceran tertinggi (HET) di masyarakat.

Sebagai fungsi pengawasan, anggota DPRD Kabupaten Pangandaran melalui Komisi II bidang perekonomian dan keuangan melakukan sidak di beberapa pangkalan dan agen. Alhasil, harga eceran di pangkalan dan agen tidak ditemukan kenaikan harga serta pasokan terpantau normal lantaran sudah disepakati bersama harganya sesuai Surat Edaran Bupati yang diterbitkan.

“Itu bentuk perhatian serius dari Pemda Pangandaran yang rencananya akan melakukan operasi pasar bersama pihak Pertamina apabila harga eceran gas elpiji 3 kilogram masih tidak terkendali di pasaran. Sebab, di tingkat pangkalan dan agen sudah normal,” kata Iwan M Ridwan pada HR, Senin (12/6/2017) lalu.

Apabila masih ada ditemukan di pasaran kelangkaan gas bersubsidi yang dimanfaatkan oleh pihak yang mengharapkan harga gas elpiji 3 kilogram naik, lanjut Iwan, pihaknya menghimbau kepada instansi yang berwenang untuk segera menindak tegas sesuai peraturan yang telah ditetapkan bersama.

“Menghadapi bulan puasa dan lebaran penggunaan gas elpiji di masyarakat meningkat. Apabila ada pihak-pihak yang menimbun sehingga pasokan tidak ada di pasaran, kepada instansi terkait untuk segera melakukan tindakan berdasarkan kewenangannya sehingga akan ada efek jera bagi mereka yang membandel,” jelas Iwan M Ridwan.

Masih dikatakan Iwan, terkait harga bahan pokok lainnya yang beredar di masyarakat diperkirakan kondisinya masih aman dan terkendali. Hanya, yang perlu dijaga dari sisi ketersediaan serta pengawasannya, yakni harga daging diprediksi pada lebaran nanti akan meningkat. Maka, kata Iwan, hal ini harus diantisipasi sejak dini.

“Kalau harga kebutuhan pokok lainnya dari pantauan langsung di lapangan saya rasa masih aman. Tetapi, yang perlu diwaspadai harga serta ketersediaan daging menjelang lebaran yang pasti kebutuhannya akan meningkat. Seiring itu, harga juga dipastikan akan naik dan itu yang harus diwaspadai bersama,” pungkas Iwan M Ridwan. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!