Bantah Tudingan DPRD Pangandaran, Begini Kata Konsultan dan Pemborong

09/06/2017 0 Comments
Bantah Tudingan DPRD Pangandaran, Begini Kata Konsultan dan Pemborong

Komisi III DPRD Pangandaran saat melakukan sidak peningkatan ruas jalan TPA Purbahayu Kecamatan Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Konsultan Pengawas PT. Gatriec Engineering, Rahmat, mengungkapkan, bahwa jenis material bahan-bahan sejumlah proyek pekerjaan di Kecamatan Cijulang, Parigi, Pangandaran sudah sesuai. Akan tetetapi masih ada campurannya lantaran lapisan pertama campuran agregad 2.

Jadi, kata ia, tidak apa-apa untuk meratakan yang berlubang akan tetapi dalam pekerjaan lapisan kedua harus menggunakan agregad A atau yang super.

“Matrial bahan sudah sesuai RAB, cuma perlu dipilih kembali untuk penempatan yang tidak rata. Nanti kalau sudah rata ditimpa agregad A untuk lapisan yang kedua. Jadi, baru dilakukan pengecoran,” kata Rahmat kepad Koran HR.

Papan informasi yang dipasang dalam proyek pekerjaan yang dikerjakan PT. Marga Asli di Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Sedangkan menurut Pelaksana Pekerjaan PT. Marga Asli yang beralamat di Jln Cijulang Dsn Cikalong Rt 2 Rw 1 Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, Ences, pada pelaksanaan pekerjaan perataan jalan tahap pertama ini material bahan menggunakan agregad B dinilai sudah sesuai. Nantinya pada pekerjaan lapisan kedua baru menggunakan agregad A dan itu tidak masalah nanti dalam pengecorannya.

“Nanti dalam pelaksanaan pengecoran jalan ini ditutup total. Masyarakat sudah mendukung, termasuk kepala desanya. Minimal, 20 hari dibiarkan jangan dipakai dulu untuk menjaga kualitas cor rabat beton itu sendiri,” ucap Ences pada Koran HR.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran, Dedi, menilai pada pekerjaan pertama, yakni perataan material bahan yang sudah di hamparkan, tidak perlu di bongkar kembali. Sebab, material tersebut digunakan untuk menutup yang berlubang dan tidak rata. Sehingga, nanti setelah lapisan kedua menggunakan material bahan yang agregad A perataannya jadi bagus.

“Tidak perlu dibongkar kembali. Material bahan sudah sesuai, cuma tinggal dipilih kembali penempatan perataannya karena banyak yang berlubang. Dan ada juga yang sudah rata hanya sedikit miring. Jadi tidak apa-apa,” kata Dedi. (Mad/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!