Baterai Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya, Coba Tips Ini

01/06/2017 0 Comments
Baterai Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya, Coba Tips Ini

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Sudah umum banyak orang menggunakan smartphone untuk beraktivitas setiap hari. Namun, seiring penggunaan smartphone yang tanpa henti, membuat beberapa komponennya ada yang mengalami masalah seperti layar atau LCD, kamera, baterai dan lain sebagainya.

Nah, untuk kasus baterai yang tidak bisa mengisi daya meski sudah di-charge, bisa disebabkan baterai sudah habis atau harus diganti dengan yang baru.

Akan tetapi sebelum melakukan penggantian baterai, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini, karena kemungkinan kondisi baterai tersebut masih bagus.  

# Restart Smartphone

Langkah pertama yang paling efektif yaitu merestart smartphone. Dengan melakukan restart, akan meng-clean atau membersihkan chance yang menumpuk di RAM smartphone. Pasalnya, chance yang menumpuk bisa mengakibatkan daya atau baterai tidak bisa di-charge.

# Cek Adapter Charger

Kemungkinan lainnya jika smartphone Anda tidak bisa mengisi daya, coba cek adapter charge. Jika menggunakan ponsel yang lain masih tetap tidak bisa charge, maka adapter tersebut sudah tidak berfungsi.

# Kalibrasi Baterai

Apabila setelah di restart baterai smartphone menjadi bertambah, maka bisa jadi betarai meternya sudah error atau bermasalah. Jika memang terjadi seperti itu, lakukan kalibrasi baterai supaya kembali ke kondisi semula.

# Cek Tegangan atau Sumber Daya pada Charge

Pastikan charge yang kamu gunakan memiliki tegangan atau sumber daya yang memadai. Jika tegangan pada charge lebih rendah dari smartphone, maka ponsel pintar tidak akan terisi.

# Periksa Port USB Smartphone

Sekarang ini banyak sekali keluar charge abal-abal atau KW. Untuk itu periksa charge tersebut seperti pada bagian port USB-nya. Apakah benar-benar masih berfungsi atau memang sudah rusak. Untuk itu gunakanlah charge asli bawaan smartphone Anda untuk mengisi daya.

# Gunakan Dekstop Charger

Langkah terakhir yaitu menggunakan dekstop untuk mengisi daya. Jika langkah terakhir masih belum juga baterai terisi, maka belilah yang baru. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!