BAZNAS Ciamis ; Potensi Zakat Fitrah Capai Rp. 34,8 Miliar

17/06/2017 1 Comment
BAZNAS Ciamis ; Potensi Zakat Fitrah Capai Rp. 34,8 Miliar

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), –

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis melansir potensi zakat fitrah tahun ini mencapai Rp. 34,8 miliar. Angka tersebut didapat berdasarkan perhitungan jumlah penduduk Ciamis saat ini.  

Coordinator Pelaksana BAZNAS Ciamis, Amas, ketika ditemui Koran HR, Selasa (13/06/2017) lalu, menyebutkan, saat ini jumlah penduduk Ciamis mencapai 1.394 juta jiwa. Bila dikalikan dengan nilai zakat fitrah sebesar Rp. 25 ribu maka nilai zakat mencapai Rp. 34,8 miliar.

“Asumsinya bila harga beras Rp 10.000 perkilogram, dikali 2,5 kilogram beras, maka angkanya mencapai itu,” katanya

Pada tahun sebelumnya, Amas menuturkan, Bupati Ciamis mengeluarkan surat edaran tentang gerakan infaq masyarakat. Pembayaran infaq tahun lalu disatukan dengan pembayaran zakat fitrah.

Besaran infaq dalam surat edaran tersebut, kata Amas, yaitu Rp. 2.000 perjiwa. Pembayaran zakat fitrah dan infaq masyarakat ini dikumpulkan kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terdekat kemudian disetorkan ke BAZNAS Ciamis.

Rincian dari pengelolaan dana infaq tersebut diantaranya Rp. 1.000 dikelola langsung oleh BAZNAS untuk penguatan program Ciamis Sejahtera, Ciamis Peduli dan Ciamis Agamis. Kemudian Rp. 500 dikelola oleh UPZ tingkat kecamatan untuk kegiatan keagamaan. Dan Rp. 500 dikelola oleh UPZ tingkat desa untuk kegiatan keagamaan.

“Artinya jika infaq Rp. 2.000 dikalikan 1,394 juta jiwa maka akan menghasilkan miliaran. Ini berpotensi untuk merealisasikan program meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Ciamis. Namun itu juga apabila pembayaran zakat fitrah dan infaq tersebut dilakukan masyarakat di UPZ resmi,” katanya.

Sayangnya, Amas menambahkan, saat ini masih banyak masyarakat yang membayar zakat fitrah langsung kepada penerima. Padahal baiknya masyarakat membayarkan zakat fitrah ke UPZ agar pengelolaannya terkodinir dengan baik.

“Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Ciamis agar membayar zakat fitrah kepada pengelola UPZ resmi. Dengan begitu, manfaatnya bisa langsung disampaikan kepada para penerima secara terkoordinir,” pungkasnya. (DSW/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. kang noes June 22, at 14:37

    kami tunggu relisasinya,tapi kayaknya tahun ini banyak yg berhak terima zakat tapi tidak mendapatkan haknya seperti anak yatim tidak mampu dan janda jompo mohon di cek lagi

    Reply

Leave a Reply