Begini Cara Anak Muda di Parungsari Banjar Bangunkan Sahur

06/06/2017 0 Comments
Begini Cara Anak Muda di Parungsari Banjar Bangunkan Sahur

Sekelompok anak muda di Lingkungan Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, saat melakukan tradisi tatalu untuk membangunkan warga menjalankan ibadah sahur di bulan Ramadhan. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah anak muda di Lingkungan Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, melakukan tradisi tatalu (tetabuhan dengan alat musik seadanya) untuk membangunkan warga setiap menjelang sahur di bulan Ramadhan.

Para remaja ini menabuh berbagai benda seperti ember bekas cat, kaleng dan galon air mineral sambil berteriak sahur. Mereka menyusuri setiap jalan gang yang ada di lingkungan tersebut sambil menabuh alat-alat musik seadanya yang dimulai dari jam 02.00-03.30 WIB.

“Ini sudah menjadi tradisi kami, setiap bulan puasa pasti kami selalu membangunkan orang tidur dengan cara tatalu,” kata Diki (19), salah seorang pemuda, kepada Koran HR, Selasa (06/06/2017) dini hari.

Remaja lainnya, Dadan (20), mengatakan, sebelum melakukan tradisi tatalu, biasanya kelompok remaja ini berkumpul di mesjid setelah tadarus. Kemudian, menjelang dini hari mereka bersiap untuk beraksi membangunkan orang untuk sahur.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, warga merasa senang dan tidak terganggu. Karena menurut warga kelompok penggugah sahur ini pun merupakan suatu ibadah. Seperti yang dikatakan Sujadi, tokoh masyarakat setempat.

Selain tradisi tatalu, biasanya para remaja ini pun pada saat Lebaran nanti mendapat sedekah dari warga, dan hal itu merupakan bantuk terima kasih kepada mereka. (Hermanto/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!