Desa dan Kecamatan Capai Target PBB, Pemkab Ciamis Berikan Penghargaan

10/06/2017 0 Comments
Desa dan Kecamatan Capai Target PBB, Pemkab Ciamis Berikan Penghargaan

Pemberian pengahrgaan bagi kecamatan dan desa yang target PBB tercapai. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Penerimaan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) Ciamis hingga bulan Juni 2017 baru mencapai 71 Persen. Padahal, Pemkab Ciamis menargetkan total PBB yang sebesar Rp. 21 miliar bisa lunas di pertengahan tahun bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-375.

Berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis, jumlah desa dan kecamatan yang telah memenuhi target PBB-P2 sampai saat ini sebanyak 7 kecamatan dari total 27 kecamatan. Sementara untuk desa baru 115 desa dari total 258 desa di Kabupaten Ciamis. 

“Bagi kecamatan, kelurahan dan desa yang belum memenuhi target PBB-P2 tahun 2017 agar dapat menjadi perhatian untuk bisa mengoptimalkan kinerjanya dalam pemungutan PBB-P2,” ujar Kabid Penagihan dan Pelaporan BPKD Ciamis, Devi Indra, setelah selesai upacara HUT Ciamis di Taman Alun-alun Ciamis, Jumat (9/6/2017).

Kata dia, dalam rangka intensifikasi pajak daerah, khususnya PBB-P2, Pemerintah Ciamis berupaya melakukan beberapa langkah, salah satunya memberikan penghargaan dan hadiah bagi kecamatan, desa dan kelurahan yang berhasil melaksanakan percepatan penerimaan PBB-P2 tahun 2017.

Selain itu, lanjut Devi, seiring dengan banyaknya perumahan, pihak BPKD melakukan pengawalan langsung terhadap perumahan karena merupakan kawasan khusus. Sehingga, penarikan PBB tidak oleh kolektor di desa, melainkan langsung dari BPKD.

Sebab, kata dia, banyak ditemukan oknum pengusaha perumahan nakal yang hanya mengajukan pajak langsung seluruhnya hanya 1 sertifikat dan tidak dipecah-pecah. Padahal, bila dikelola serius bakal meningkatkan pendapatan daerah.

“Memang setelah pajak dikelola oleh daerah tentunya lebih menguntungkan. Sebab, seluruhnya  masuk menjadi pendapatan daerah dan pajak sebagai salah satu komponen terbesar kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Ia menambahkan, BPKD juga senantiasa terus melakukan pendampingan kepada desa-desa yang kesulitan melakukan penarikan PBB ataupun memiliki persoalan lainnya. Agar penarikan pajak lebih optimal. (Es/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!