Dikhawatirkan Ambruk Karena Pondasinya Retak dan Belah, Jembatan Cikohkol Ciamis Akan Diperbaiki Tahun Ini

20/06/2017 0 Comments
Dikhawatirkan Ambruk Karena Pondasinya Retak dan Belah, Jembatan Cikohkol Ciamis Akan Diperbaiki Tahun Ini

Pondasi jembatan Cikohkol yang berada di jalur nasional, tepatnya di wilayah perbatasan antara Kecamatan Banjarsari dengan Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, mengalami retak dan belah. Dikhawtirkan jembatan ini ambruk apabila tidak cepat diperbaiki. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis, Okta Jabal, mengungkapkan, kontruksi kirmir pondasi jembatan Cikohkol Sungai Ciputrahaji yang kini mengalami retak dan belah, akan diperbaiki pada tahun 2017 ini.

Menurutnya, kabar terakhir yang diperoleh dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Korwil Jawa Barat, proyek perbaikan pondasi jembatan tersebut kini masih dalam proses lelang.

“Memang ada keterlambatan dalam pelaksanaannya, karena terjadi lelang ulang. Namun begitu, sudah dipastikan proyek perbaikan pondasi jembatan Cikohkol akan diperbaiki tahun ini,” ujarnya, kepada Koran HR, Senin (13/06/2017) lalu.

Sebelumnya, lanjut Okta, pihaknya sudah melaporkan terkait kondisi pondasi jembatan Cikohkol ke Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. “Memang kondisi pondasi jembatan Cikohkol sudah retak dari setahun lalu. Namun, belum seperah seperti sekarang. Tetapi, kondisi pada setahun kemarin pun sudah kami laporkan ke Kementerian PU,” katanya.

Menurut Okta, Jembatan Cikohkol berada di jalur nasional dan penanganan perbaikannya merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. “Jadi, kami dari pemerintah kabupaten hanya bisa melaporkan saja ke pihak kementerian ketika mendapat laporan dari masyarakat,” ujarnya.

Okta pun mengaku khawatir apabila jembatan Cikohkol akhirnya ambruk. Karena jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya dari arah Pamarican Kabupaten Ciamis menuju Kecamatan Banjarsari dan Kabupaten Pangandaran. “Kalau jembatan Cikohkol ambruk dipastikan lalu lintas bakal lumpuh seperti ambruknya Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jembatan Cikohkol yang berada di jalur nasional, tepatnya di wilayah perbatasan antara Kecamatan Banjarsari dengan Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya sangat memprihatinkan.

Eza, warga setempat, mengatakan, kondisi bagian kirmir jembatan amburadul. Jika tidak segera diperbaiki, dia khawatir kelancaran arus lalu lintas di jalur tersebut akan terganggu di kemudian hari.

“Kirmir pondasi jembatan semakin hari retak dan membelah. Kami hanya bisa berharap pemerintah segera melakukan perbaikan sebelum terjadi hal yang tidak diharapkan, karena saya yakin jika hal ini tidak segera ditangani, kemungkinan besar Jembatan Cikohkol ambruk dan memutus jalur menuju Pangandaran,” ujarnya.

Senada dengan itu, Edo warga lainnya, menuturkan, kondisi kirmir Jembatan Cikohkol yang melintasi Sungai Ciputra Haji kondisinya memang sudah sangat memprihatinkan. Dia juga tidak menyangkal kondisi itu mengancam kelangsungan arus lalu lintas.

“Kami berharap pemerintah segera melakukan perbaikan terhadap kirmir pondasi jembatan yang ambrol. Jangan lagi ditunda-tunda, kami prihatin bila kondisinya dibiarkan seperti ini,” ungkapnya. (Bgj/Koran HR)

Berita Terkait

Pondasi Ambrol, Jembatan Cikohkol Banjarsari Ciamis Terancam Ambruk

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!