Gratis, BNN Ciamis Bantu Rehabilitasi Pecandu Narkotika

24/06/2017 0 Comments
Gratis, BNN Ciamis Bantu Rehabilitasi Pecandu Narkotika

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis,  (harapanrakyat.com), –

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis menerima salah satu keluarga yang mendaftarkan diri secara sukarela untuk mengajak putranya direhabilitasi. Setelah dilakukan asessmen dan didiagnosa, orang tersebut memiliki gangguan mental dan prilaku akibat penyalahgunaan alkohol serta obat sedatif-hipnotik.

Kepala Seksi Rehabilitasi, Aris Nuryana, ketika ditemui Koran HR, Senin (19/06//2017) lalu, mengatakan, penyalahguna/ pecandu narkoba itu diharapkan tidak malu mendaftarkan diri mengikuti rehabilitasi.

Pihaknya memastikan pecandu yang mendaftarkan diri dengan dan atas kesadaran untuk rehabilitasi tidak dikenakan pidana.

“Selama ini pecandu narkoba yang ditangkap akan diproses, dipenjara baru kemudian direhabilitasi. Namun tidak begitu jika pecandu tersebut melaporkan diri secara suka rela, mereka akan mendapat rehabilitasi gratis,” ujarnya.

Lebih lanjut Aris menuturkan, proses selanjutnya penyalahguna atau pecandu narkoba berinisial AR (21 th) yang dampingi  keluarganya diantar  BNNK Ciamis ke Yayasan Ar-Rahmaniyyah yang terletak di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Berdasarkan Pasar 54 UU No. 35 Tahun 2009, kata Aris, pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Proses rehabilitasi diperlukan karena adanya anggapan dari masyarakat, penyalahgunaan narkotika adalah perbuatan kriminal yang menjadi aib keluarga dan harus mendapat hukuman penjara.

“Kami mengimbau masyarakat, orang tua atau wali pecandu narkotika untuk memiliki kesadaran, berperan serta membantu program P4GN dan prekursor narkotika, dengan cara melapor dan  mengajak anak, saudara, kerabat dan tetangga, untuk mendapat pelayanan rehabilitasi,” tuturnya. (DSW/Koran HR) 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!