Hadapi Arus Mudik Lebaran, Dishub & Polres Ciamis Siapkan Rekayasa Lalin

16/06/2017 0 Comments
Hadapi Arus Mudik Lebaran, Dishub & Polres Ciamis Siapkan Rekayasa Lalin

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis menyiapkan ratusan rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) dan rambu lainnya untuk mengamankan jalur mudik lebaran tahun 2017 mulai dari pintu masuk Cihaurbeuti hingga pintu keluar Cisaga.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Ciamis, Agus Yani, ketika temui Koran HR, beberapa waktu lalu, mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan 115 penunjuk arah yang ditempatkan di pertigaan dan perempatan, 43 buah barikade, 97 buah water barrier, 161 trafik cone dan ratusan stiker tracif cone.

“Rambu tersebut untuk mempermudah rekayasa lalu lintas, termasuk memasang warning light portable di sejumlah titik,” katanya.

Selain RPPJ, Agus menuturkan, Dishub juga menambah dua traffic light yang dipasang di wilayah Sukamulya Cihaurbeuti dan Cisaga. Kemudian memperbaiki traffic laight di wilayah Lokasana dan Tonjong, sehingga jumlah traffic light di sepanjang jalur Ciamis terdapat 14 unit. 

“Alat peraga himbauan juga akan kami pasang. Mudah-mudahan semuanya berfungsi dan tidak ada masalah saat mudik nanti,” katanya.

Lebih lanjut, Agus menambahkan, pemasangan alat peraga ditargetkan selesai 10 hari sebelum lebaran atau disaat volume kendaraan diperikirakan meningkat. Sementara pemasangan diserahkan kepada setiap UPTD Terminal di masing-masing wilayah.  

Di tempat terpisah, Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Kurnia, menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan kemacetan, pihaknya sudah melakukan persiapan rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan melakukan simulasi bersama dengan Satlantas Polres Kota Banjar.

Kurnia menegaskan, pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati lantaran jalur mudik di wilayah Ciamis tergolong rawan kecelakaan. Hal itu disebabkan kondisi jalan lurus dan mulus mulai dari wilayah Cihaurbeuti hingga Cisaga. Sedangkan di jalur mudik wilayah Camis utara rawan longsor.

Menurut Kurnia, beberapa jalur di wilayah Ciamis yang menjadi titik kepadatan arus lalu lintas berada di Sindangkasih, Pasar Imbanagara, Alun-alun Ciamis dan simpang tiga Cisaga. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!