Ini Bahayanya saat Jempol Keseringan Gunakan Smartphone

07/06/2017 0 Comments
Ini Bahayanya saat Jempol Keseringan Gunakan Smartphone

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Dalam sehari, berapa jam waktu yang kamu habiskan untuk bersentuhan dengan smartphone, apakah setiap menit? Kebiasaan memegang smartphone dan menggunakannya secara berlebihan ternyata bisa merusak kesehatanmu secara diam-diam loh.

Dilansir boldsky.com, baru-baru ini sebuah penelitian menemukan satu penyakit terbaru akibat keseringan menggunakan smartphone. Penyakit ini bernama smartphone thumb.

Menurut peneliti, smartphone thumb terjadi disebabkan oleh gerakan mengetik yang berulang-ulang hingga menimbulkan arthritis atau nyeri sendi jempol. Hal itu karena tendon jempol akan menekuk dan membuat jempol jadi meradang.

“Hipotesa kami menduga, gerakan mengetik ini lama kelamaan akan membuat persendian menjadi kendur dan longgar, lalu terjadi pergerakan abnormal tulang dan menyebabkan timbulnya rasa sakit. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa membuat otot jempol menjadi robek,” ungkap Kristian Zhao, peneliti biomedis dari Mayo Clinic, Rochester.

Lantas, bagaimana supaya kamu terhindar dari gangguan smartphone thumb ini? Tentu saja mudah, yakni dengan cara membatasi waktu untuk bersinggungan dengan smartphone. Jadi, gunakanlah smartphone kamu secara efektif dan praktis. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!