Ini Program Kerja Komda Lansia Pangandaran

06/06/2017 0 Comments
Ini Program Kerja Komda Lansia Pangandaran

Salah satu kegiatan Komda Lansia Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sekretaris Komda Jabar, Sofyan Sastrawirya, menyatakan, bahwa lansia yang masih produktif atau potensial saat ini kebanyakan dari pensiunan yang aktif dalam organisasi seperti halnya PWRI, Pepabri, Persatuan Gerontologi (Pergeri), Persatuan Pensiunan Bank, POS, kejaksaan dan sebagainya. Sementara lansia yang kurang produktif seperti lansia terlantar dinilai karena faktor alam.

“Pembentukan Komda Lansia dan pemberdayaan Masyarakat dalam penanganan lanjut usia yakni ada tujug arah kebijakan, empat sasaran dan sembilan rencana aksi yang tertuang merujuk Permendagri No. 60 tahun 2008 tentang Pedoman Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia,” terang Sofyan.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan, Sosial, Budaya, dan Kesra Bappeda Kabupaten Pangandaran, Maman Permana, mengatakan, terkait dikukuhkannya kepengurusan Komda Lansia Kabupaten Pangandaran, dirinya sebagai koordinator saja dan ketua pelaksananya adalah Kepala Bappeda.

“Kita sebagai koordinator bertugas untuk menyinkronkan kegiatan yang ada di SKPD seperti misalnya Dinkes melalui pemeriksaan kesehatan rutin lansia setiap tanggal 15, senam lansia, BPJS Kesehatan maupun KIS. Dinsos PMD memberikan bantuan sembako dan juga melakukan pemberdayaan. Termasuk Dinas KB melakukan penyuluhan tentang keluarga, Dinas PU menyiapkan sarana prasarana kalau di luar negeri ada kota khusus Kota Layak Lansia,” kata Maman Permana kepada Koran HR.

Komda yang baru lahir ini, imbuh Maman, dalam program kerja intinya pelaksaanaan memprioritaskan jangka pendek terlebih dahulu seperti halnya menyiapkan subsidi instan, jangka menengah dengan pembentukan lembaga-lembaga tingkat desa dan kecamatan serta jangka panjang dengan pembangunan menyamakan persepsi dan pola pikir penanganan lansia pengadaan klinik lansia, panti jompo dan lain sebagainya.

“Tujuan utamanya yaitu lansia di Kabupaten Pangandaran harus sehat, mandiri dan sejahtera (SMS),” pungkas Maman Permana

Dari informasi yang dihimpun Koran HR, anggota Komda Lansia Kabupaten Pangandaran terdiri dari Dinsos PMD, Dinkes, Disdikpora, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja dan Trans, Dinas Pariwisata dan Budaya, perwakilan dunia usaha, LSM yang menangani Lansia serta unsur Masyarakat. Semetara itu, data lansia terlantar sebanyak 4.384 orang masih masuk dalam kategori masih ada yang bertanggungjawab selain saudara, tetangga maupun lingkungan setempat. (Mad/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!