Jangan Minum Kopi di Waktu yang Salah! Ini Penjelasannya

Jangan Minum Kopi di Waktu yang Salah! Ini Penjelasannya

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Sebagian besar orang pasti memulai hari dengan minum kopi. Alasannya, kafein yang terkandung dalam kopi mampu meningkatkan produksi hormon adrenal dalam tubuh. Hal itu akan membuat kamu lebih bersemangat, fokus, dan tak mudah mengantuk.

Tidak hanya memperhatikan jenis kopi yang akan diminum, tapi kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk minum kopi. Menurut penelitian yang dilansir boldsky.com, rata-rata orang minum kopi di waktu yang salah.

“Sebagian besar orang meminum secangkir kopi pertama mereka di pagi hari, waktunya antara jam 8-9 pagi. Padahal, saat jam 8-9 pagi itu hormon stres cenderung meningkat dan kafein yang ada justru akan membuatmu jadi lebih stres,” tulis peneliti.

Kemudian, masalah lainnya yang muncul bila kamu minum kopi di jam tersebut adalah kamu jadi cenderung membutuhkan lebih banyak kafein guna menekan stres yang muncul tadi.

Peneliti mengungkap bahwa waktu yang paling tepat untuk minum kopi yaitu di jam 10 hingga 11.30 pagi. Alasannya, di jam tersebut hormon kortisol akan menurun, sehingga tubuh butuh suntikan kafein.

“Kamu juga masih diperbolehkan minum kopi setelah jam 1 siang hingga jam 5 sore untuk membuatmu merasa lebih energik. Selepas jam 5 sore, sebaiknya jangan minum kopi, sebab hal ini akan membunuh kualitas tidurmu,” saran dari penelitian ini.

Bukan hanya itu saja, kamu juga jangan pernah minum kopi segera setelah makan, karena hal ini dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles