Kemenag Pangandaran Gelar Saresehan Zakat

18/06/2017 0 Comments
Kemenag Pangandaran Gelar Saresehan Zakat

Saresehan zakat di Gedung Islamic Center Kecamatan Cijulang beberapa waktu lalu yang bertajuk membangun kesamaan paradigm materi dan metode dakwah zakat. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam bersama Forum Penyuluh Agama Pangandaran serta Forum Pokja Penyuluh menggelar saresehan zakat di Gedung Islamic Center Kecamatan Cijulang beberapa waktu lalu yang bertajuk membangun kesamaan paradigm materi dan metode dakwah zakat.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Kemenag Pangandaran Drs. H. Eep Nuhyana, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Pangandaran H. Nana Supriatna sebagai narasumber. Sementara itu, kegiatan tersebut bertujuan agar ke depannya kesadaran zakat bagi umat muslim baik secara kelompok maupun individu bisa meningkat.

Menurut Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Pangandaran H. Nana Supriatna, kegiatan tersebut perlu dilakukan secara rutin agar kesadaran menunaikan zakat meningkat. Sebab, proses penyadaran tersebut salah satunya adalah tanggungjawab moral para penyuluh agama kepada masyarakat.

“Penyuluh agama baik yang PNS maupun Non PNS memiliki tugas dan fungsi yang sama, yakni meningkatkan, mengoptimalkan dan mengefektifkan umat menunaikan zakat, infak serta sedekah,” katanya kepada HR Online, Jum’at (16/06/2017) lalu.

Apabila tugas dan fungsi para penyuluh tersebut berjalan dengan baik, kata Nana, niscaya akan berdampak baik, yakni bisa menghapuskan kesenjangan di masyarakat secara ekonomi.

“Untuk pelaksanaannya, mereka harus bekerjasama dengan lembaga maupun Ormas Islam untuk menjalankan fungsi bimbingan. Nah, dalam kegiatan ini semua masalah yang dihadapi di lapangan dibahas dan dicari solusinya supaya dalam pelaksanaan bisa lebih mudah dan sesuai dengan harapan,” kata Nana lagi.

Selain dituntut untuk menyelesaikan persoalan masyarakat di bidang agama, lanjut Nana, Bimas maupun para penyuluh juga memiliki tanggungjawab baik di dunia maupun di akhirat membimbing masyarakat untuk lebih baik.

“Kita harapkan bangsa Indonesia ini bisa sejahtera, menjalankan ibadah dengan tenang melalui pengoptimalan kesadaran masyarakat menunaikan zakat. Mudah-mudahan semua persoalan bisa diselesaikan secara bersama,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!