Konsumsi Makanan Sehat Ini Bikin Aroma Kentutmu Bau Busuk

21/06/2017 0 Comments
Konsumsi Makanan Sehat Ini Bikin Aroma Kentutmu Bau Busuk

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Demi kesehatan, biasanya kita berusaha untuk memenuhi menu makanan dengan sayur dan buah, karena buah dan sayur kaya akan nutrisi yang diperlukan setiap sel tubuh supaya bisa bekerja dengan baik.

Buah dan sayur mengandung beberapa nutrisi, termasuk oligosakarida, serat larut dan gula alami, seperti fruktosa yang bisa menyebabkan gas berlebih di usus. Hal itu dapat mengakibatkan perut kembung, kram, dan aroma kentut yang dikeluarkan pun jadi berbau busuk.

Sayuran yang memberikanmu cukup banyak suntikan vitamin dan mineral adalah wortel, yang mana secangkir wortel mentah mengandung sekitar 12 gram karbohidrat serta 4 gram serat. Karena wortel tinggi akan serat, maka mengkonsumsi dalam jumlah banyak akan menyebabkan pembentukan gas akibat reaksi bakteri usus mencerna serat wortel.

Selain itu, sayuran cruciferous seperti kale, kol, atau brokoli mengandung serat yang sangat baik dan vitamin C. Sayuran ini juga mengandung gula kompleks, seperti rafinose yang sulit dicerna bagi mereka yang memiliki perut sensitif. Dengan mengkonsumsi berlebihan sayuran cruciferous tidak hanya menyebabkan perut kembung, tapi juga menghasilkan kentut yang berbau busuk.

Sedangkan, pada buah-buahan, apel adalah buah yang populer dengan kandungan zat antioksidan. Apel juga sarat akan fruktosa atau gula buah. Bila tidak tercerna dengan baik maka akan memproduksi gas metana dan hidrogen yang membuat perut kembung, kram, diare, bau mulut, hingga kentut yang mengeluarkan aroma tak sedap.

Kemudian, ada pula buah blackberries yang kaya akan zat antioksidan dan poliol, yakni zat yang mirip dengan gula buah. Zat poliol termasuk lama untuk bisa dicerna dan diserap oleh usus halus. Poliol yang tersiksa akan menarik air ke dalam usus besar dan usus kecil, lalu difermentasi oleh bakteri usus sehingga menyebabkan produksi gas berlebih.

Buah mangga juga mengandung lebih banyak fruktosa daripada glukosa. Fruktosa lebih sulit diserap oleh tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan. Hal itu membuat perut kembung yang pada akhirnya memproduksi kentut berbau busuk.

Meski sehat, buah dan sayur tetap harus dikonsumsi secara seimbang supaya tidak membahayakan kesehatan pencernaan, termasuk memproduksi kentut yang menimbulkan aroma bau tak sedap. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!