Lapang Diganti RTH, Ini Kata Kabid Cipta Karya DPU Banjar

Lapang Diganti RTH, Ini Kata Kabid Cipta Karya DPU Banjar

Lapang sepak bola yang terdampak pembangunan RS Langensari. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kabid. Cipta Karya Dinas PU Kota Banjar, Tantri, mengatakan, bahwa soal lapang sepakbola yang terdampak pembangunan RS jadinya akan diganti RTH atas kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkot Banjar sekitar Rp.3 miliar. Dibuat RTH karena di wilayah Langensari sudah punya lapang refresentatif Sport Center.

“Uang sejumlah itu pun dalam anggaran perubahan nanti bukan hanya untuk pembebasan lahan RTH, tapi digunakan aset terdampak lain. Jika nantinya di perubahan anggaran disetujui DPRD, kami akan membuat master plan penempatan untuk pengganti asset terdampak seperti RTH, bangunan SD, PAUD, PGRI, BPP dalam satu kawasan yang tak jauh dari lokasi awal. RTH sendiri nantinya akan dibuat menyerupai taman kota,” paparnya.

Master plan dibuat atau pembangunan asset terdampak akan dimulai tahun 2018 mendatang, yakni menunggu atau setelah proses pembelian lahan sesuai harga apraisal disepakati. Artinya, pemkot bukan sekedar ganti rugi, tapi ganti untung karena sudah jelas sebagiannya seperti lapang sepakbola yang ada, itu merupakan bagian aset pemkot.

“Sebenarnya meski lapang itu aset kota, tapi tetap pemkot akan akomodir penggantiannya atau dipenuhi, walau nantinya sebatas RTH. Luas lapang sendiri yang ada itu sekitar 1 hektar. Pokoknya penggantian asset terdampak dipikirkan semuanya dan akan dibangunkan,” tandas Tantri.

Sementara itu, Camat Langensari, Asno Sutarno, mengklaim bahwa penggantian berupa RTH itu sebatas bahasa kiasan atau kata halusnya saja. Karena, di dalamnya nanti tetap tersedia fasilitas olahraga, meski itu hanya berupa lapangan futsal.

Lurah Muktisari, Feri Angga Kostradini, menambahkan, jawaban kejelasan dari dinas terkait soal pengganti lapang hanya berupa RTH tentu patut disyukuri dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat Muktisari.

“Secara fungsional RTH juga bisa disesuaikan dengan ketersedian lapang, meski ukuran tidak sama dengan lapang sepakbola umumnya. Sekarang ini paling tidak pemkot telah memperhatikan harapan warga, dan tentunya ada titik terang jawaban kepastian,” kata Feri. (Nanks/Koran HR)

Berita Terkait

Lapang Sepakbola Sanggabuana Muktisari Banjar Hanya Diganti RTH

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles