Mau Beli Kamera Bekas? Perhatikan Hal-hal Ini Agar Aman

30/06/2017 0 Comments
Mau Beli Kamera Bekas? Perhatikan Hal-hal Ini Agar Aman

Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Memiliki foto bagus dengan kamera yang mempunyai kemampuan tinggi tentu menjadi harapan sebagian orang yang hobi mengabadikan momen dengan memotret. Namun apalah daya bila harga kamera dengan budget yang dimiliki.

Jalan pintasnya tentu dengan memilih membeli kamera bekas agar tetap bisa menikmati kamera yang diinginkan. Meski begitu, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah di bawah ini sebelum membeli kamera bekas seperti yang dirangkum dari CNet.

Pertama, ceklah Shutter Count atau jumlah pengambilan foto pada kamera tersebut. Setiap kamera memiliki kemampuan masing-masing untuk mengambil foto, ada yang mencapai ratusan ribu dan ada pula yang hanya puluhan ribu saja.

Langkah untuk mengetahui jumlah shutter count bisa langsung ditanyakan ke penjual. Untuk lebih meyakinkan, gunakan website yang bisa memeriksa EXIF yang bermanfaat mengetahui jumlah foto yang sudah dihasilkan dari kamera tersebut seperti halnya melalui program EOSinfo, PhotoME atau kunjungi myshuttercount.com maupun camerashuttercount.com

Kedua, telitilah sensor kamera tersebut. Sebab, sensor merupakan hal yang paling penting, apalagi saat Anda membeli kamera bekas. Untuk memeriksa sensor, Anda bisa mencoba memotret dan mengeceknya melalui komputer. Periksalah dengan teliti foto tersebut apakah ada pada foto tersebut piksel yang mati atau noise yang terlihat jelas.

Ketiga, apabila penjual menawarkan kamera lengkap dengan lensanya, kewajiban Anda adalah memeriksa lensa tersebut secara cermat. Periksalah setiap ujung lensa apakah ada goresan atau jamur yang bisa membuat foto tidak maksimal. Sementara itu, cek juga dengan cara memotret dengan mode manual apakah fokusnya berfungsi akurat atau tidak. Bila tidak, coba dipertimbangkan kembali sebelum menyesal setelah membelinya.

Keempat, body kamera atau tampilan kamera juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli kamera bekas. Periksalah apakah terdapat goresan, noda di sekitar kamera. Termasuk memeriksa layar kamera yang mana berfungsi melihat hasil jepretan kita.

Terakhir, periksalah kelengkapan kamera seperti halnya tali strap, kartu garansi, kartu petunjuk penggunaan. Hal ini menjadi penting karena kamera sebaiknya masih dalam kondisi memiliki garansi demi menjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!