Meski Ramadhan, Geliat Prostitusi di Banjar “Jalan Terus”

02/06/2017 0 Comments
Meski Ramadhan, Geliat Prostitusi di Banjar “Jalan Terus”

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setiap memasuki bulan suci Ramadhan, di daerah lain biasanya tempat-tempat hiburan malam dan prostitusi ditutup. Hal ini untuk menghormati kekhusuan umat muslim dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini.

Namun, di Kota Banjar justru masih banyak Pekerja Seks Komersial (PSK) yang tetap melakukan aktifitasnya di malam hari, seperti di kawasan Viaduct, Jalan Kantor Pos, dan tempat-tempat lain yang menjadi favorit para PSK mangkal.

Pada hari Sabtu (27/05/2017) malam lalu, sekitar pukul 23.45 WIB, HR berhasil berbincang dengan salah satu PSK bernama Mawar (bukan nama sebenarnya), di sebuah warung kecil yang ada di Jalan Kantor Pos.

Usianya sekitar 31 tahun, dengan pakaian sangat mini, Mawar dengan ramah menyapa setiap lelaki yang melintas atau yang sedang nongkrong di depan salah satu hotel kelas melati di jalan tersebut.

Dalam perbincangannya dengan HR, ia mengungkapkan kalau dirinya sudah ingin berhenti menggeluti profesinya sebagai PSK. Namun apa daya, Mawar masih bingung bekerja apa untuk memenuhi kebutuhan kedua anaknya, semenjak berpisah dengan suaminya dua tahun lalu.

“Saya ingin bekerja yang halal, saya ingin berhenti kerja seperti ini, tapi saya bingung mau kerja apa lagi,” ujarnya, sambil sesekali menghisap sebatang rokok.

Sementara itu, Toni (23), salah seorang anggota sebuah club sepeda motor yang tengah nongkrong di Jalan Kantor Pos, mengatakan, bahwa di tempat tersebut memang sering banyak PSK yang nongkrong. Tapi menurutnya itu hak mereka, dan terkadang menjadi hiburan tersendiri baginya untuk sekedar ngobrol-ngobrol.

“Mereka memang kerap nongkrong di sini, dan kami malah enjoy terkadang mereka enak juga kalau diajak ngobrol-ngobrol sambil ngemil makanan ringan,” ujar Toni.

Mawar merupakan satu dari sekian banyak PSK yang masih beroperasi di Kota Banjar. Selain PSK, banyak juga waria yang masih beroperasi di kota yang memiliki slogan Iman dan Taqwa ini.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Satpol PP Kota Banjar, Edi Nurjaman, melalui Sekdis. Pol PP Kota Banjar, Nana Suryana, mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan operasi pekat dan miras besar-besaran.

“Kami bersama pihak provinsi akan melakukan razia besar-besaran. Untuk waktunya masih kami rahasiakan,” kata Nana, kepada Koran HR, melalui sambungan telepon selulernya, Senin, (29/05/2017).

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Dinas Sosial Kota Banjar, Asep Tatang, melalui Kabid. Perempuan dan Anak, Ika Kartika. Dalam hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak Satpol PP. Jika nanti ada yang terjaring, kami pun akan melakukan pembinaan,” tandas Ika. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!