Mulut Terasa Pahit Saat Puasa, Ini Penyebabnya

05/06/2017 0 Comments
Mulut Terasa Pahit Saat Puasa, Ini Penyebabnya

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Masalah menjalankan ibadah puasa selain menahan lapar, haus dan nafsu, namun juga lidah yang terasa pahit. Akibatnya, “keluhan” lidah terasa pahit ini mengakibatkan mulut kering serta bau nafas yang tak sedap.

Lantas apa saja yang menyebabkan mulut terasa pahit saat berpuasa. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini penyebabnya.

# Malas gosok gigi

Malas atau jarang gosok gigi saat ibadah puasa akan mengakibatkan kuman dan bakteri berkumpul di mulut. Pasalnya, rongga di mulut sangat lembab serta hangat sehingga bisa dijadikan tempat yang cocok untuk berkembangnya bakteri. Dengan menyikat gigi secara teratur bisa menetralisir rasa pahit di mulut.

# Kurang asupan cairan

Selama berpuasa produksi air liur tidak akan maksimal. Hal itu disebabkan karena tubuh kekurangan cairan, sehingga cairan akan dialirkan ke pusat tubuh yang lebih membutuhkan. Akibatnya, kelenjar liur yang ada di mulut jadi kering, selain itu jumlah oksigen di mulut berkurang, efeknya berkembangnya bakteri anaerob yang bisa menghasilkan sulfur sehingga akan menyebabkan lidah terasa pahit serta bau tak sedap.

# Rokok

Orang yang berpuasa namun mempunyai kebiasaan merokok, kemungkinan besar akan mengeluhkan mulut pahit. Hal itu disebabkan, selama ini zat kimia yang ada di rokok merusak sistem saraf di lidah, struktur papila serta merusak rangsangan dari luar. Artinya, perasaan mulut atau lidah terasa pahit selama berpuasa merupakan efek dari kebiasaan merokok.

# Asam lambung naik

Faktor lainnya yang menyebabkan mulut terasa pahit yaitu naiknya asam lambung selama puasa. Gejala asam lambung naik yaitu umumnya pahit di mulut dan rasa asam. Penyebabnya yaitu cairan asam lambung naik ke kerongkongan. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!