Panen Ikan, Nelayan Pangandaran Andalkan Jaring Arad

Panen Ikan, Nelayan Pangandaran Andalkan Jaring Arad

Para nelayan saat menarik jaring arad yang ditabur ratusan meter dari bibir pantai. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sejak pagi, sekitar pukul 05.00 WIB, para nelayan di Pangandaran bergegas melakukan aktifitas mencari ikan di laut. Mereka tampak sibuk menaburkan jaring arad (alat tangkap ikan Pukat Tarik ) ratusan meter ke tengah laut.

Menurut Yayan, nelayan tradisional Pangandaran saat ini sedang semangat-semangatnya mencari ikan di laut. Sebab, saat ini tangkapan ikan laut dirasa nelayan sedang bagus.

“Sekarang hasil tangkapannya lagi bagus, tidak seperti waktu-waktu sebelumnya,” singkat Yayan kepada HR Online, Kami (01/06/2017).

Hal senada juga diungkapkan Siti Juarsih, pemilik jaring arad. Menurutnya, tangkapan yang dihasilkan sekali tabur jaring arad mampu menghasilkan 10 hingga 15 kilogram ikan dari berbagai jenis.

“Biasanya paling jauh itu kita tabur sepanjang 600 meter dan paling minim itu 300 hingga 400 meter ke tengah laut dari bibir pantai. Alhamdulillah hasilnya lumayan tidak seperti beberapa waktu lalu,” jelasnya kepada HR Online.

Untuk ikan yang didapat, kata Siti, biasanya jenis udang, ikan rumahan maupun ikan tongkol. Pada kesempatan panen tersebut, Siti mengaku bersyukur karena lokasi penaburan jaring sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Sehingga, mereka bisa langsung membeli ikan yang dihasilkan para nelayan. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles