Pantau Kesiapan Layanan Kesehatan Jelang Arus Mudik Lebaran, Kemenkes RI Kunjungi Dinkes Banjar

16/06/2017 0 Comments
Pantau Kesiapan Layanan Kesehatan Jelang Arus Mudik Lebaran, Kemenkes RI Kunjungi Dinkes Banjar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, saat meninjau kesiapan ruang IGD RSUD Kota Banjar, dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka memantau langsung kesiapan pelayanan kesehatan menjelang arus mudik Lebaran 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, mendapat kunjungan dari Kemenkes RI, Selasa (13/06/2017) lalu.

Pada kesempatan itu, Kemenkes RI juga melihat kesiap siagaan di RSUD dan Puskesmas yang ada di Kota Banjar. terkait hal itu, Di waktu yang sama Dinkes Kota Banjar melakukan teleconference dengan Dinkes Provinsi Jabar.

Kepala Dinkes Kota Banjar, H. Oman Rokhman, saat ditemui Koran HR usai kegiatan, mengatakan, atas kunjungan Kemenkes RI dan juga telecnference dengan Dinkes Provinsi Jabar, pihaknya sudah menyiapkan dan antisipasi segala sesuatu hal pelayanan kesehatan jelang arus mudik dan arus balik Lebaran.

“Kita sudah siap, baik sarana dan prasarana, SDM tenaga kesehatan, serta koordinasi dengan pihak keamanan dalam hal ini Polres Banjar,” terangnya.

Lebih lanjutnya, kata Oman, rapat koordinasi dengan semua elemen terkait akan dilakukan pada tanggal 16 Juni besok di Polresta Banjar. Sementara, Dinkes Kota Banjar sendiri seperti tahun sebelumnya, menyiapkan 8 titik posko kesehatan yaitu di daerah Cipadung, Cijolang, Stasiun KA, Terminal Bis, dan sejumlah Puskemas perbatasan yang dilalui para pemudik, diantaranya Puskesmas Situbatu, Batulawang, dan Puskesmas Langensari II.

Pelayanan kesehatan jelang arus mudik Lebaran juga dibantu pihak Rumah Sakit swasta. Waktu pelayanan di posko yaitu dimulai H-7 sampai H+7 Lebaran. Kemudian, nanti setelah rakor bersama Polres Banjar akan dilaksanakan test kesehatan kerja, salah satunya dari para pengemudi kendaraan umum dengan pemeriksaan berupa tes narkoba, alkhol, buta warna, gula darah dan tensi.

“Bila diketahui atau terdeksi diantara penyakit atau mengidap itu akan diberikan rujukan pemeriksaan kesehatan,” kata Oman.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Dinkes Kota Banjar, drg. Robyanto, menambahkan, pihaknya telah siap siaga memberikan pelayanan kesehatan menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran.

Bahkan, kesiapsiagaan tersebut ditinjau langsung oleh Kemenkes RI, dan melakukan telecnference dengan Dinkes Jabar dalam rangka pengawasan pelaksanaan pelayanan kesehatan. Salah satunya Kemenkes mengecek ruang IGD RSUD Banjar.

Dinkes Banjar sendiri juga akan melakukan pengecekan kesiapan kendaraan ambulance yang tersedia di beberapa tempat, atau fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan klinik di Kota Banjar.

“Bukan hanya ambulance saja, tapi supir dan paramedisnya juga dicek, bagaimana kesiapannya. Karena penting diantisipasi moment arus mudik dan balik Lebaran dimungkinkan darurat laka lantas. Hal lain, posko disiapkan di beberapa titik rawan bencana, seperti Batulawang,” tandas Robyanto. (Nanks/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!