Pastikan Tidak Ada Kecurangan Takaran, Direktorat Metrologi Sidak SPBU di Ciamis

08/06/2017 0 Comments
Pastikan Tidak Ada Kecurangan Takaran, Direktorat Metrologi Sidak SPBU di Ciamis

Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI dan UPT Metrologi Diskoperindag Kabupaten Ciamis, saat menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di SPBU yang berada di kawasan Ciamis Kota, Rabu (07/06/2017). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI dan UPT Metrologi Diskoperindag Kabupaten Ciamis menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah SPBU yang berada di sepanjang jalur nasional atau kawasan Ciamis Kota, Rabu (07/06/2017). Sidak ini dilakukan untuk melindungi konsumen menjelang musim mudik lebaran agar tidak terjadi kecurangan takaran pada Mesin SPBU.

Pengawas Kemetrologian Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI, Evy Agustini, saat ditemui di lokasi SPBU Ciamis Jalan Iwa Kusumasomantri, mengatakan, kawasan perkotaan Ciamis merupakan jalur mudik lebaran, sehingga perlu dilakukan sidak tera ulang takaran SPBU. Hal itu untuk memastikan tidak ada kecurangan takaran pada mesin SPBU.

“Setiap mudik lebaran jalur ini selalu padat dilalui kendaraaan pemudik. Dengan begitu, otomatis konsumsi BBM akan meningkat. Sebagai bentuk pengawasan agar konsumen tidak dirugikan, maka kami melakukan sidak untuk memastikan takaran mesin SPBU di wilayah ini tidak terjadi kecurangan,” ujarnya.

Dari hasil pengecekan di beberapa SPBU di wilayah Ciamis, lanjut Evy, tidak ditemukan kecurangan. Namun terdapat koreksi yang harus segera dibetulkan, dimana posisinya masih dalam kesalahan yang diizinkan. “Kesalahannya masih batas 0,5 persen atau 100 mililiter/ 20 liter,” ujarnya.

Sementara di SPBU Banjarsari, sambung Evi, ditemukan kesalahan pada kelengkapan administrasi. Pihaknya, kata dia, sudah menginstruksikan untuk melengkapi administrasinya. “Sementara untuk takarannnya normal. Adapun koreksi, masih dalam posisi kesalahan yang diizinkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Staff UPT Metrologi Disperindagkop Kabupaten Ciamis, Darojatun, mengatakan, SPBU yang ada di Kabupaten Ciamis berjumlah 21 lokasi. Setelah UPT Metrologi Ciamis didirikan, tambah dia, tanpa diminta pengelola SPBU mengajukan permohonan untuk tera ulang.

“Kalau pengawasan yang sifatnya rutin dilakukan satu tahun sekali. Namun untuk tera ulang sesuai dengan permohonan dari pihak pengelola. Sejauh ini di Ciamis belum ditemukan atau keluhan dari masyarakat terkait kecurangan takaran di mesin SPBU,” jelasnya. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!