Pemdes Cibeureum Banjar Tunggu Pencairan Dana Transfer 2017 Tahap I

15/06/2017 0 Comments
Pemdes Cibeureum Banjar Tunggu Pencairan Dana Transfer 2017 Tahap I

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, berfoto bersama jajaran perangkat Pemerintah Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Photo: Eva Latifah/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, saat ini tengah menunggu pencairan semua dana transfer tahap pertama tahun anggaran 2017, dengan total jumlah keseluruhan sebesar 40 persen.

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, saat ditemui Koran HR, Selasa (13/06/2017), mengatakan, rencananya dana tersebut akan dialokasikan untuk penyelenggaraan pemerintah desa, pemberdayaan kemasyarakatan, pembinaan masyarakat, serta infrastruktur.

“Penggunaan bantuan keuangan tahap pertama ini kita kejar tanyang. Apa yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan secepat mungkin pertanggungjawabannya segera terselesaikan. Hal itu untuk melanjutkan pekerjaan atau kegiatan pada pancairan tahap kedua. Mudah-mudahan sebelum Lebaran sudah bisa dicairkan,” terangnya.

Lebih lanjut Yayan mengatakan, dari semua rencana kegiatan yang telah disepakati dan dialokasikan dalam RAPBDes tahun 2017, pihaknya memilah terlebih dahulu kegiatan/pekerjaan yang lebih penting dan bisa cepat untuk dipertanggungjawabkan.

Jadi, bulan Juli mendatang pihaknya sudah bisa menyerahkan pertanggungjawaban kegiatan tahap pertama. Sehingga diharapkan tidak ada kendala untuk pengajuan pencairan tahap berikutnya.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada pencairan tahap pertama itu meliputi penyelenggaraan pemerintah desa, yakni salah satunya pendataan penduduk. Kemudian, pembinaan kemasyarakatan, diantaranya kegiatan fasilitasi pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta pendataan kesehatan masyarakat.

Sedangkan, penyerapan Dana Desa (DD) tahap pertama akan dialokasikan untuk pembangunan drainase, pembangunan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan pembangunan dua unit Posyandu.

“Dengan jerih payah perangkat-perangkat kami memilah dan memilih kegiatan atau pekerjaan yang dilaksanakan terlebih dahulu sesuai keinginan warga, yang pada intinya sesuai dengan peraturan yang ada, mudah-mudahan dalam pelaksanaannya yang direncanakan nanti setelah Lebaran, tidak ada kendala,” harap Yayan.

Sebagai kepala desa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjar, dalam hal ini instansi terkait dan walikota yang telah memverifikasi RAPBDes Desa Cibeureum Tahun 2017. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!