Puskesmas Cigayam Ciamis Bikin Gebrakan, “Road Show” Pelayanan Kesehatan ke Pelosok Daerah

Puskesmas Cigayam Ciamis Bikin Gebrakan, “Road Show” Pelayanan Kesehatan ke Pelosok Daerah

Ratusan warga Desa Cikupa dan Karyamukti, Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, berkumpul di aula Kantor Desa Cikupa, untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis yang diselenggarakan pemerintahan desa bekerjasama dengan Puskesmas Cigayam. Photo : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan warga Desa Cikupa dan Desa Karyamukti, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, memadati aula Kantor Desa Cikupa, Selasa (30/05/2017) lalu. Mereka datang guna mendapatkan pelayanan pengobatan gratis yang diselenggarakan pemerintahan desa bekerjasama dengan Puskesmas Cigayam.

Kepala Puskesmas Cigayam, Hamlan, kepada Koran HR, Selasa (30/05/2017) lalu, mengatakan, kegiatan road show kesehatan tersebut dilaksanakan sesuai keinginan dari warga yang merindukan pelayanan kesehatan mudah dan terjangkau.

“Kami melaksanakan road show seperti ini ke beberapa desa. Sebelumnya kami melakukan survey, analisa serta mendengar beberapa masukan dari para kepala desa. Sepertihalnya dari Kepala Desa Cikupa. Di bulan pertama bertugas di wilayah Banjaranyar, saya langsung mendapat tantangan, bukan hanya persoalan yang terjadi di luar namun persoalan di dalam pun menjadi bahan evaluasi saya untuk bisa segera membenahinya,” ujarnya.

Hamlan mengungkapkan, persoalan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Banjaranyar selama ini memang tidak pernah dirasakan oleh masyarakat. Hal itu baru ia ketahui diawal dirinya ditugaskan di wilayah Banjaranyar atau setelah terjun langsung dan melakukan komunikasi dengan masyarakat secara langsung,

“Pantas saja yang datang ke Puskesmas bisa dihitung jari. Paling dalam sehari hanya ada tujuh orang pasien yang datang berobat. Dari awal saya sempat bertanya-tanya dengan hal ini. Namun setelah dicek, semuanya ternyata hasilnya cukup miris sekali. Maka dari itu secepatnya masalah ini kami luruskan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Hamlan mengaku bersyukur, acara road show kesehatan yang digelar di beberapa desa mendapat apresiasi dari masyarakat. Tidak hanya itu, tim medis bahkan sampai kewalahan melayani masyarakat yang datang berobat.

Menurut Hamlan, pihaknya didampingi petugas dari UPTB KB Kecamatan Banjaranyar. Dia juga mengamini kondisi yang disampaikan sejumlah kepala desa bahwa masyarakat sebenarnya mengharapkan pelayanan kesehatan yang benar-benar menyentuh.

“Di pasawahan, ada seribu warga yang datang, enam ratus warga mendapatkan pelayanan pengobatan gratis serta sisanya melakukan pemeriksaan kesehatan. Dan kali ini, di Desa Cikupa, lebih dari lima ratus warga datang berobat. Insyaallah kegiatan road show ini akan kami lanjutkan kembali setelah lebaran,” katanya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles