Sikap Kades Winduraja Ciamis Dikeluhkan Warga

16/06/2017 0 Comments
Sikap Kades Winduraja Ciamis Dikeluhkan Warga

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Sukajadi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, merasa geram dengan prilaku dan sikap Kepala Desa yang selalu terkesan tidak mau memperhatikan saran dan masukan dari masyarakat.

“Kami meminta perbaikan jalan sejak 4 tahun yang lalu, tapi sampai saat ini tidak ada tanggapan dari pemerintah desa,” kata Reza Febrian, warga Sukajadi, kepada Koran HR, Senin (12/06/2017) lalu.

Reza menuturkan, kondisi jalan di wilayah tersebut tergerus oleh Sungai Cimuntur. Pasalnya, kalau tidak segera diperbaiki akan membahayakan keselamatan masyarakat dan pengguna jalan.

“Pernah jalan ini terputus karena gorong-gorong ambrol diinjak kendaraan berat pada saat pembangunan RSUD Kawali. Tetapi pada saat itu penanggungjawab proyek dan aparatur pemerintah, apalagi aparat desa, tidak ada yang bertindak saat jalan terputus dan tidak bisa di lewati,” katanya.

Akhirnya, kata Reza, masyarakat secara swadaya memperbaiki jalan tersebut dengan dana seadanya. Peristiwa yang cukup unik terjadi pada saat pengerjaan perbaikan. Kepala Desa kebetulan lewat ke jalan dan melihat masyarakat sedang kerja bakti.

“Bukannya menghampiri atau menegur sapa, ini malah putar arah tanpa sepatah kata pun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Winduraja, Endang Suryaman, ketika dikonfirmasi Koran HR, Selasa (13/06/2017) lalu, di ruang kerjanya, menjelaskan, akses jalan yang berada di wilayah Dusun Sukajadi statusnya merupakan jalan kabupaten.

“Sehingga kewenangan perbaikan ataupun pemeliharan jalan itu sepenuhnya ada di Pemkab Ciamis. Pemerintah Desa sudah berulang kali mengusulkan agar jalan dan Proteksi Tebing Sungai (PTS) secepatnya diperbaiki,” atanya.

Berdasarkan  keterangan dari Pemkab Ciamis, kata Endang, jalan maupun proteksi tebing sungai akan dibangun berbarengan dengan penyelesaian proyek pembangunan RSUD Kawali.

“Mudah-mudahan secepatnya terealisasi,” katanya.

Disinggung soal sikap serta prilaku Kades yang apatis, Endang membantahnya. Pihaknya menegaskan, Pemerintah Desa Winduraja turut serta membantu ketika warga Dusun Sukajadi melakukan perbaikan. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!