Soal 2 RKB SMAN 1 Parigi Pangandaran, Ini Kata Kepala Sekolah Lama

01/06/2017 0 Comments
Soal 2 RKB SMAN 1 Parigi Pangandaran, Ini Kata Kepala Sekolah Lama

Dua RKB SMAN 1 Parigi yang belum selesai pembangunannya. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Mantan Kepala SMAN 1 Parigi, Sukirman, mengatakan, saat dirinya menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Parigi membenarkan adanya pembangunan 2 Ruang Kelas Baru (RKB) yang bersumber dari dana Bantuan Provinsi (Banprov) tahun 2015. Meski begitu, dirinya tidak mengetahui persis proses dan teknis pembangunan, namun hanya menerima hasil pekerjaanya saja.

“Proyek pembangunan RKB tersebut dikerjakan oleh pihak rekanan. Sekolah hanya menerima kunci setelah pekerjaan selesai,” kata Sukirman kepada HR Online saat dihubungi via telepon seluler, Kamis (01/6/2017).

Berdasarkan informasi yang diterima hasil pekerjaan tersebut, lanjut Sukirman, sudah sesuai perencanaan yang ada di Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang mana tidak total 100 persen dikerjakan sampai beres. Selanjutnya  harus diusulkan pada pengajuan anggaran APBD Provinsi berikutnya atau pada Program Pangandaran Hebat.

“Dari hasil pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Jawa Barat, proyek RKB tersebut juga tidak jadi temuan dan tidak ada indikasi kerugian Negara,” jelas Sukirman.

Masih menurut Sukirman, BPK RI pada waktu itu pernah memanggil dirinya sebagai Kepala Sekolah yang lama untuk menjelaskan kronologisnya bahwa pemenang lelang adalah CV Maharaja Abadi dan lelang pertama pernah gagal oleh CV. Sadagori.

“Pertama gagal lelang. Terus pemenang lelangnya CV Maharaja Abadi dan pekerjaannya sudah sesuai perencanaan di RAB. Pihak sekolah tidak tahu persis itu, sebab urusannya ada di perencanan yakni PPK dan PPTK yang mengajukan ke ULP. Kami hanya menerima hasil pekerjaan saja,” imbuh Sukirman.

Lebih jauh, Sukirman memprediksi untuk kekurangan pembangunan tersebut diperkirakan hingga beres mencapai angka Rp. 50 juta.

“Memang belum beres semua pekerjaannya, paling sekitar Rp. 50 jutaan lagi bisa kelar, itu perkiraan loh… takut salah hitung. Mendingan tanyakan saja sama yang merencanakan pembangunan tersebut,” pungkas Sukirman.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Parigi yang baru, Eman, mengatakan, agar pembangunan kedua RKB tersebut bisa dimanfaatkan, pihak sekolah telah memulai menyelesaikan sisa bangunan yang belum rapih.

“Hasil musyawarah bersama, kami sepakat melanjutkan pembangunan RKB tersebut karena harus bisa dimanfaatkan pada saat penerimaan siswa baru nanti di bulan juli,” kata Eman kepada HR Online.

Ia mengungkapkan, saat ini SMAN 1 Parigi memiliki 38 ruangan, namun yang efektif digunakan untuk aktivitas belajar hanya 35 ruangan kelas. Sebab, 3 ruang digunakan untuk ruang Wakasek, koperasi dan ruang BP.

“Rencananya penerimaan tahun ini tambah 2 kelas. Yang keluar 10 kelas, yakni 12 kelas dengan jumlah siswa 36 siswa dikali 12 kelas dan totalnya 432 orang siswa baru untuk tahun ajaran 2017-2018 nanti,” paparnya. (Mad/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Proyek Ratusan Juta 2 RKB SMAN 1 Parigi Pangandaran Mangkrak

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!