Sumber Air Muncul dari Celah Batu, Curug Salosin Ciamis Disebut Air Terjun Unik

21/06/2017 0 Comments
Sumber Air Muncul dari Celah Batu, Curug Salosin Ciamis Disebut Air Terjun Unik

Objek wisata air terjun Curug Salosin di Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, yang kini tengah dikembangkan menjadi objek wisata alam. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Destinasi Dinas Parawisata, Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, menjelaskan, dari tujuh tempat wisata potensial yang berada di kawasan kaki gunung sawal, terdapat satu tempat yang unik, yakni di objek wisata air terjun Curug Salosin di Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Menurutnya, dinamai Curug Salosin karena terdapat 12 air terjun di objek wisata tersebut.

“Uniknya, sumber mata air di 12 air terjun tersebut berasal dari celah-celah bebatuan besar. Kalau melihat ke sumber mata airnya, kita bisa melihat keunikan air yang keluar dari celah-celah batu seperti riawayat air zam-zam di Mekah. Dan fenomana alam seperti ini jarang ditemui di tempat lain. Di kaki gunung sawal pun hanya di Curug Salosin saja,” ujarnya.

Selain terdapat keunikan, lanjut Budi, Curug Salosin pun berada di kawasan Gunung Bengkok. Gunung ini memiliki sejarah kepurbakalaan dan menjadi inspirasi saat berdirinya Kabupaten Ciamis. “Konon di Gunung Bengkok dulunya terdapat kawah. Dan lokasi ini disebut daerah Sanghiyang Kendik. Makanya, Gunung Bengkok diabadikan pada logo Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Budi menambahkan, pihaknya belum mengetahui sejarah kawah dan nama Sanghiyang Kendik yang menjadi icon Gunung Babakan. “ Memang perlu digali sejarah terkait pernah adanya kawah di Gunung Babakan. Juga perlu menelurusi sejarah terkait Sanghiyang Kendik,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!