TA 2017, Desa Purwajaya Ciamis Utamakan Bangun Jalan Lingkungan

TA 2017, Desa Purwajaya Ciamis Utamakan Bangun Jalan Lingkungan

Kepala Desa Purwajaya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Abdul Kholid N.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Purwajaya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, di tahun 2017 ini sedang dan akan melaksanakan sejumlah program kegiatan, baik bidang pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Purwajaya, Abdul Kholid N, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, pekan lalu, mengatakan, tahun anggaran 2017, pendapatan yang diperoleh Desa Purwajaya mencapai Rp.1.672.013.000. Jumlah sebesar itu terdiri dari Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp.157.840.000, pendapatan dana trasnfer Rp.1.510.273.000, dan pendapatan lain-lain Rp.3.900.000.

Rencananya, dari total Dana Desa (DD) yang diterima tahun 2017 sebesar Rp.820.889.000,  pada pencairan termin pertama akan dilakokasikan untuk pembangunan TPT Jalan Bengkok, rabat beton Jalan Lingkungan di Dusun Sindangkasih, TPT jalan Lingkungan di Dusun Sindangsari, dan TPT Jalan Usaha Tani di Dusun Pancalan.

Selanjutnya, DD juga akan dialokasikan untuk pembangunan rabat beton Jalan Lingkungan Dusun Sindangrasa, rabat beton Jalan Lingkungan Dusun Panineungan, TPT Jalan Lingkungan Dusun Panineungan, kegiatan Bimtek dan pembentukan BUMDes, serta penyertaan modal.

“Pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan nanti setelah Lebaran. Anggaran DD tahun ini memang lebih banyak dialokasikan untuk pembangunan jalan lingkungan, dan ini atas usulan dari masyarakat saat musyawarah tingkat dusun,” jelasnya.

Sedangan, Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat tahun anggaran 2017 yang diterima Desa Purwajaya, digunakan untuk merenovasi kantor desa dengan menelan biaya sebesar Rp.150.000.000, dan Rp.15.000.000 dialokasikan untuk tambahan penghasilan aparatur desa.

“Kami mengharapkan semua pembangunan yang dilaksanakan bisa berjalan normal, kondusif, tidak ada kendala apapun, semua berjalan sesuai rencana. Selain itu, partisipasi masyarakat mudah-mudahan akan semakin meningkat,” ucap Abdul Kholid, yang juga sebagai Ketua APDESI Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis.

Selain itu, guna mengisi kekosongan Unsur Kewilayahan Dusun Panineungan, Pemerintah Desa Purwajaya, juga telah menggelar acara pelatikan Kepala Dusun Panineungan, tepatnya pada tanggal 22 Mei 2017, bertempat di Pendopo Kantor Desa Purwajaya.

Dalam acara tersebut, Kepala Desa Purwajaya, Abdul Kholid N, secara resmi melantik Riswanto sebagai Kepala Dusun Panineungan, disaksikan oleh Camat Purwadadi, Yayat Ahadiat, SH., M.Si, serta ratusan masyarakat perwakilan dari berbagai kalangan.

“Dengan dilantiknya Kepala Dusun Panineungan ini diharapkan roda pemerintahan di Desa Purwajaya bisa berjalan lebih optimal lagi. Jumlah dusun yang ada di desa kami ini ada lima, yakni Dusun Sundangsari, Sindangkasih, Sindangrasa, Panineungan dan Dusun Pancalan,” pungkasnya. (Eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles