Tahun Ini, 207 Warga Ciamis Dapat BSPS

27/06/2017 0 Comments
Tahun Ini, 207 Warga Ciamis Dapat BSPS

Penyerahan secara simbolis program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2017. Photo : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun ini merealisasikan pembangunan rumah bagi warga Ciamis sebanyak 207 unit yang digulirkan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2017.

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, usai serah terima simbolis dengan Satker Kementrian Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (20/06/2017) lalu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah karena sudah memberikan bantuan bagi masyarakat Ciamis.

“Ini adalah program yang sangat luar biasa dari Kementrian PUPR yang diterima Pemkab Ciamis. Melalui program ini, warga yang membutuhkan bisa mendapatkan stimulan untuk membangun rumah,” katanya.

Iing berpesan, setelah pencairan dari bank, warga penerima dapat menggunakan bantuan sebaik mungkin untuk keperluan membangun rumah. Menurut dia, program BSPS merupakan langkah baik yang dilakukan pemerintah pusat dan kabupaten dalam mengentaskan kemiskinan.

“Dan atas nama pemeritah Kabupaten Ciamis, kami menyampaikan selamat kepada warga yang menerima BSPS,” tandasnya.

Karena nilai bantuan yang cukup besar, Iing berharap, warga penerima memanfaatkan bantuan dari pemerintah tersebut dengan sebaik mungkin. Apalagi bantuan stimulan dari pemerintah tersebut bertahap dengan nilai cukup fantastis. 

“Bantuan yang diberikan pemerintah ini jangan dilihat besarannya, melainkan bagaiman kita bisa menysukurinya. Terlebih sekarang di bulan suci ramadhan, sehingga bapa ibu bisa menyelesaikan pembangunan rumah,” katanya.

Iing meminta agar bantuan berupa uang tersebut jangan sampai digunakan untuk hal lain di luar program BSPS. Untuk itu, Iing mengimbau pemerintah desa dan kecamatan mengawal dengan baik realisasi program tersebut. 

Selain itu, Iing juga mewanti-wanti agar bantuan stimulan dari pemerintah itu juga tidak dipotong di tengah jalan. Karena menurut dia bantuan tersebut tidak diperuntukkan bagi pemerintah desa ataupun kecamatan.

“Jika ada yang melakukan pemotongan, sebaiknya dilaporkan saja kepada polisi, karena perbuatannya merugikan masyarakat. Baiknya kepala desa dan camat ikut membatu untuk tambahan jika ada kekurangan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Lingkungan Hidup (DPRLH) Kabupaten Ciamis, Oman Rohman, menyebutkan, program BSPS tahun ini mengkafer sekitar 207 orang penerima di lima wilayah.

Kelima wilayah itu, kata Oman, diantaranya 48 unit di Desa Sindangasih Banjarsari, 43 unit di Desa Karangpaningal Purwadadi, 42 unit di Desa Kertajaya Lakbok, 35 unit di Desa Sukaharja Rajadesa, dan 39 unit di Desa Natanagara Panawangan.

“Setiap penerima mendapatkan bantuan stimulan dengan besaran Rp. 30 juta. Uang tersebut dipergunakan untuk pembangunan rumah baru. Kekurangan biaya pembangunan sisanya merupakan swadaya dari penerima,” katanya. (Es/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!