Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pemdes Jajawar Banjar Siap Bangun Saluran Irigasi

15/06/2017 0 Comments
Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pemdes Jajawar Banjar Siap Bangun Saluran Irigasi

Kepala Desa Jajawar, Samsudin, S.Pd.I.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di tahun anggaran 2017 ini, Pemerintah Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, rencananya akan membangun dan memperbaiki saluran irigasi guna mengairi lahan pertanian, terutama sawah, serta membuat pipaninasi sepanjang 2.800 meter.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Jajawar, Samsudin, S.Pd.I., kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/06/2017). Semua rencana itu diagendakan Pemerintah Desa Jajawar, dengan tujuan untuk kesejahteraan dan kenyamanan para petani supaya bisa meningkatkan hasil pertaniannya secara optimal.

“Untuk anggarannya, saat ini masih dalam tahap evaluasi RAPBDes. Mudah-mudahan pencairan bantuan keuangan desa tahap pertama bisa segera terealisasi,” kata Samsudin.

Selain pembangunan dan perbaikan saluran irigasi, Pemerintah Desa Jajawar di tahun 2017 ini juga akan melaksanakan kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat. Salah satu kegiatannya yaitu pembinaan kewirausahaan bagi para kepala keluarga, yang mengambil tema Manajemen Keuangan Keluarga.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membina keluarga yang sejahtera dan harmonis. Di mana setiap keluarga harus pandai memenej anggaran rumah tangga guna mengantisipasi jebakan para rentenir yang selalu ada di lingkungan masyarakat pedesaan.

Pihaknya menilai, rentenir biasanya berdalih membantu meringankan beban rumah tangga, yaitu dengan cara memberikan pinjaman uang. Sehingga, tak sedikit masyarakat yang masuk perangkap pinjaman lunak, padahal bunganya sangat besar.

“Mudah-mudahan dengan adanya pembinaan kepala keluarga yang dilakukan oleh Pemdes Jajawar, bisa merubah prilaku masyarakat. Sehingga, mereka akan memilih cara yang tepat dan benar. Caranya harus bisa melaksanakan manajemen keluarga yang diprogramkan oleh Pemdes Jajawar,” pungkas Samsudin. (AM/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!