Tips Sehat Memilih Menu Sahur Agar Puasa Tidak Terganggu

11/06/2017 0 Comments
Tips Sehat Memilih Menu Sahur Agar Puasa Tidak Terganggu

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Sahur merupakan bagian penting saat akan menjalankan ibadah puasa. Namun, jika salah dalam memilih menu buat santap sahur, dampaknya kebutuhan energi untuk berpuasa tidak akan didapat. Selain itu, akan mengganggu sistem pencernaan.

Makanan sahur yang baik yaitu harus ada keseimbangan nutrisi yang berfungsi untuk menambah energi, sehingga aktivitas sehari-hari saat berpuasa tidak akan terganggu.

Ada beberapa solusi agar makan sahur Anda menjadi bermanfaat. Seperti dikutip dari laman Thehealthsite, Minggu (11/6/2017), menu makan sahur sebaiknya ada sumber protein, mengkonsumsi biji-bijian, dan sumber karbohodrat. Makanan seperti itu Anda bisa sajikan dalam menu makan sahur seperti buncis, kacang panjang, ayam, ikan, nasi merah, sayuran hijau, dan kentang.

Alternatif lainnya bisa dengan makan mie namun dimasak dengan cara yang benar. Atau bisa juga dengan roti yang ditambahkan tomat, bawang bombai atau telur masak. Caranya, roti dibakar sampai agak sedikit kering.

Sebagai minumannya, Anda bisa sajikan minuman air putih. Jangan menyajikan minuman teh hangat, pasalnya teh hangat akan menyebabkan dehidrasi karena teh bersifat diuretik.

Atau bisa dengan minum jus buah tanpa gula. Buah yang baik untuk dibuatkan jus yaitu mengandung serat alami, dan itu sangat baik untuk usus. Jika tidak ada buah untuk dibuat jus, susu juga boleh dicoba. Manfaat dari minum susu saat sahur yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh.

Yang patut Anda hindari saat makan sahur, jangan ngemil permen atau coklat. Karena, permen dan coklat nantinya bisa melepaskan energi. Dan patut dicatat, sehabis makan sahur jangan langsung tidur. Efeknya, akan memicu asam lambung meningkat. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!