Tumbuhkan Reading Habit di Sekolah & Ponpes, YRBK Banjar Gelar Literasi Ramadhan 2017

08/06/2017 0 Comments
Tumbuhkan Reading Habit di Sekolah & Ponpes, YRBK Banjar Gelar Literasi Ramadhan 2017

Kunjungan YRBK di DTA Al Ummah di Lingkungan Parunglesang, Kelurahan/Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di bulan suci Ramadhan, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) menggelar berbagai kegiatan literasi dengan menyambangi berbagai sekolah dan pondok pesantren yang ada di Kota Banjar.

Dengan program yang bertajuk Literasi Ramadhan (LiteRa) 2017, kegiatan tersebut dimanfaatkan YRBK untuk mengisi kegiatan positif dan produktif para pelajar dan santri, khususnya di bidang literasi.

Mohammadan Yogarsiwayan, panitia penyelenggara, mengatakan, LiteRa 2017 ini dimaksudkan menumbuhkan kegemaran membaca (reading habit) yang mana sebagai bentuk kegiatan ibadah sosial YRBK di bulan suci ramadhan ini.

“Tentunya ini menurut kami sangat baik sekali untuk mempererat silaturahmi antara pengurus dan anggota YRBK kepada pelajar, santri maupun guru yang kita kunjungi,” katanya kepada Koran HR, Selasa (06/06/2017) lalu.

Sementara itu, Ketua YRBK, Siti Maro’ah, menyebutkan dalam bulan suci ini YRBK membagi kategori kegiatan yang diantaranya Safari Literasi Ramadhan (SaliRa), Ngabuburit Literasi (Ngarit) dan Refleksi Literasi (Reli).

SaliRa, kata Siti, merupakan kegiatan kunjungan YRBK ke berbagai sekolah dan pesantren di Banjar untuk saling berdiskusi soal perkembangan dunia literasi di lembaga masing-masing. Bahkan, YRBK akan terus menyambangi para tokoh di Banjar untuk mengajak mereka mendorong budaya literasi di Banjar.

“Kalau Ngarit itu sifatnya lebih internal, yakni anggota YRBK dari berbagai kalangan pelajar untuk membaca maupun diskusi komunitas seputar literasi di sekretariat,” katanya.

Sementara untuk Reli, lanjut Siti, merupakan kegiatan berupa ceramah soal tentang pentingnya literasi yang mana akan dilaksanakan YRBK dengan mengandeng berbagai tokoh di Banjar, seperti halnya Kementrian Agama maupun pemilik media.

“Alhamdulillah kita mendapatkan dukungan dari berbagi pihak seperti halnya Kemenag, BJB, Toko Buku Lumpur Mas dan juga Pimpinan Umum Media Harapan Rakyat, R. Bachtiar Hamara. Rencana tersebut akan menjadi pamungkas kegiatan kami yang akan berlangsung di SMPN 5 Banjar pada 17 Juni 2017 mendatang dalam rangkaian diskusi publik sejak pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB,” paparnya.

Menurut Pendiri YRBK, Sofian Munawar, dalam kegiatan ramadhan tersebut pihaknya menargetkan ada 17 tempat untuk bisa dikunjungi. Sementara itu, sebelumnya YRBK sudah berhasil mengunjungi 33 lokasi baik sekolah maupun pesantren.

“Jadi, di bulan suci ramadhan ini kita ingin mencapai target melakukan kunjungan sebanyak 50 lokasi sekolah maupun pesantren. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semangat literasi terus menggema dan berdampak baik untuk generasi kita selanjutnya, khususnya para pelajar dan santri,” ucap Sofian. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!