Tunjangan Sertifikasi Belum Cair, Guru Honorer Unjuk Rasa di Kantor Kemenag Ciamis

07/06/2017 0 Comments
Tunjangan Sertifikasi Belum Cair, Guru Honorer Unjuk Rasa di Kantor Kemenag Ciamis

Sejumlah guru honorer MI/MTs/MA di Kabupaten Ciamis saat melakukan unjuk rasa ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, Rabu (07/06/2017). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sedikitnya 1500 guru honorer MI/MTs/MA di Kabupaten Ciamis melakukan unjuk rasa ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, Rabu (07/06/2017). Sebelumnya mereka berkumpul di Taman Lokasana dan melakukan long march ke kantor Kemenag Ciamis.

Dalam tuntutannya, mereka meminta kejelasan terkait belum cairnya tunjangan sertifikasi selama 7 bulan di tahun 2015 dan 5 bulan di tahun 2017. Selain itu, mereka pun meminta agar Kantor Kemenag Ciamis mendorong kepada pemerintah pusat agar dana Sertifikasi untuk guru di bawah Kemenag segera dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Ketua Umum Kelompok Tenaga Sukwan Indonesia (KTSI), Endin Sahrudin, saat ditemui di sela aksi, menegaskan, pihaknya menggelar unjuk rasa untuk mempertanyakan hak guru dari tunjangan sertifikasi yang belum cair sampai berbulan-bulan.

“Kami mendesak Kantor Kemenag Ciamis melakukan upaya agar sertifikasi guru honorer yang swasta ini segera cair. Apalagi sekarang menjelang lebaran, sehingga uang dari tunjungan sertifikasi sangat dibutuhkan,” tegasnya.

Endin juga meminta Kemenag tidak memandang sebelah mata terhadap honorer. Karena beban kerja guru honorer di sekolah hampir sama dengan guru PNS. Bahkan terkadang beban kerja honorer lebih berat. “Jangan sampai ada perlakuan berbeda terhadap honorer,” imbuhnya.

Endin juga meminta Kemenag Ciamis agar berupaya mendorong dilakukan perubahan sumber dana sertifikasi dari pagu bantuan menjadi pagu reguler di Kementerian Pusat. Hal itu agar penyaluran dana dari pusat ke daerah tidak lagi terkendala.

Menurut Endin, tunjangan sertifikasi yang didapat guru honorer swasta sebesar Rp1.500.000. Sementara jumlah guru honorer di bawah Kemenag Ciamis ssekitar 3000 orang. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!