Unik, Al Qur’an Milik Warga Banjarsari Ciamis Ini Berukuran Mini

Unik, Al Qur’an Milik Warga Banjarsari Ciamis Ini Berukuran Mini

Al Qur’an mini milik Tarwin warga Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Memiliki barang antik tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi barang istimewa tersebut hanya dimiliki orang-orang tertentu saja.

Di Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, warga yang bernama Tarwin memiliki sebuah Al Qur’an langka. Pasalnya, bentuk dan ukurannya sangat kecil dibanding Al Qur’an pada umumnya.

Saat ditemui HR Online di kediamannya, Tarwin bercerita bahwa Al Qur’an mini tersebut diyakini berumur ratusan tahun. Awal mendapatkan Al Qur’an mini yang biasa disebut Al Qur’an Stambul tersebut, Tarwin mengaku saat dirinya merenovasi rumah pada tahun 1968.

“Sudah lama sekali Al Qur’an ini sama saya. Bahkan saya percaya umurnya itu sudah ratusan tahun. Ketika saya renovasi rumah, tidak sengaja menemukan Al Qur’an ini dan hingga saat ini masih utuh,” katanya kepada HR Online, Sabtu (03/06/2017).

Dengan ukuran panjang dua centimeter dan tebal sekitar satu centimeter, lanjut Tarwin, siapapun tidak bakalan bisa membacanya terkecuali menggunakan alat bantu, yakni kaca pembesar.

“Tulisan arabnya kecil-kecil. Semuanya masih lengkap seperti Al Qur’an biasanya,” terang Tarwin. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles