271 PNS Pemkab Ciamis Tak Masuk Kantor pada Hari Pertama Kerja Pasca Libur

03/07/2017 0 Comments
271 PNS Pemkab Ciamis Tak Masuk Kantor pada Hari Pertama Kerja Pasca Libur

Ilustrasi PNS. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Inspektorat Kabupaten Ciamis mencatat sebanyak 271 PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemkab Ciamis tidak masuk kantor pada hari pertama kerja pasca libur bersama Hari Raya Idul Fitri 2017. Data tersebut diperoleh setelah pihak Inspektorat melakukan pendataan ke seluruh kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Ciamis, Senin (03/07/2017).

Sekretaris Inspektorat Ciamis, Dadang Mulyatna, mengatakan, dari 271 PNS yang tak masuk kantor tersebut, hanya satu orang yang tidak memberikan surat keterangan atau bolos. Sementara sisanya memberikan surat keterangan atau tengah menjalankan tugas kedinasan di luar kantor dan bebas piket.

“Dari 271 PNS tersebut hanya 20 PNS yang tidak ada kaitannya dengan urusan kedinasan, diantaranya 11 orang memberikan surat keterangan sakit, 4 orang cuti dan 5 orang ijin. Sementara sisanya, sebanyak 152 orang bebas piket, 87 orang dinas luar, 9 orang mengikuti pendidikan diklat dan 2 orang memasuki masa MPP. Sedangkan satu orang lagi tidak memberikan surat keterangan atau bolos,” ujarnya, kepada HR Online, Senin (03/07/2017).

Menurut Dadang, satu orang PNS yang tidak memberikan surat keterangan, yakni berinisal ABS, seorang staf fungsional umum di Dinas Perumahan Rakyat, Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis.

“Untuk satu orang PNS yang bolos itu memang selayaknya harus mendapat sanksi. Namun, sebelum kami melakukan pembinaan kepada yang bersangkutan, harus ada rekomendasi terlebih dahulu dari pimpinan OPD-nya. Artinya, kami tidak bisa melakukan pembinaan tanpa ada rekomendasi dari pimpinan OPD,” ujarnya.

Dadang menjelaskan, dari total 1921 PNS struktural di lingkungan Pemkab Ciamis, tercatat sebanyak 1650 PNS atau 85,89 persen masuk kantor pada hari pertama kerja. “Sebelumnya kami sudah memberikan himbauan kepada seluruh PNS agar tidak ada yang membolos di hari pertama kerja pasca libur bersama Idul Fitri,” pungkasnya. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!