Cara Agar Wi-Fi tidak Mudah Dibobol Orang

19/07/2017 0 Comments
Cara Agar Wi-Fi tidak Mudah Dibobol Orang

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Wi-Fi atau jaringan nirkabel menawarkan kemudahan dalam menjelajah dunia maya. Mudah karena tanpa memakai perangkat kabel serta menghemat kuota/data internet. Tetapi terkadang dengan gratisnya mengakses internet via Wi-Fi, banyak yang mencuri jaringan internet meski Wi-Fi sudah dipassword.

Dengan dibobolnya Wi-Fi bukan hanya bisa mengakses internet cuma-cuma, melainkan dapat membahayakan keamanan komputer yaitu si ‘maling jaringan’ bisa mengintip data/file pribadi.

Lantas bagaimana caranya mencegah Wi-Fi agar tidak bisa mudah dibobol? Telegraph melansir cara mengamankan Wi-Fi dari hacking password Wi-Fi.

# Rutin mengganti password Wi-Fi

Langkah awal yaitu dengan mengganti Password Wi-Fi. Caranya melalui pengaturan router/modem/smartphone milik Anda. Sebelum merubah kata sandi, Anda terlebih dulu login ke router. Namun, setiap router berbeda-beda caranya, tergantung tipe atau jenisnya. Password tersebut sebaiknya kata yang mudah diingat, namun sulit untuk dibobol. Bisa dengan mengkombinasikan huruf kapital, huruf kecil maupun angka.  

# Cek pengguna Wi-Fi

Sebagai server, tentu Anda bisa melihat siapa saja yang memakai Wi-Fi milik Anda. Jika menggunakan smartphone, Anda bisa lihat siapa yang mengakses internet via Wi-Fi smartphone. Jika Anda ingin memblokir, tinggal blocked user atau pemakai. Sedangkan di router biasanya terlihat siapa saja yang sedang memakai Wi-Fi. sekiranya dari sekian pemakai ada yang mencurigakan, Anda tinggal diskonek dia.

# Pakai program untuk memantau jaringan

Jika di router tidak bisa melihat siapa saja yang sedang mengakses Wi-Fi, Anda bisa mengunduh program yang bisa membantu memantau jaringan Wi-Fi. untuk iOS atau smartphone bisa memakai program Fing, sedangkan windows program Acrylic Wi-Fi,  macOS bisa dengan program Who Is On My Wi-Fi.

# Gunakan router mikrotik dengan login page

Untuk menghindari pembajakan serta hacking password Wi-Fi, bisa dengan menggunakan mikrotik. Alat ini sistem login sangat berbeda dengan sistem router accesspoint. Bukan hanya untuk mengamankan kata sandi, mikrotik ini juga dapat memblokir situs, membatasi kecepatan setiap pengguna, dan anti netcut. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!