Coba Cek, Ini Kebiasaan yang Dilakukan Orang Cerdas!

21/07/2017 1 Comment
Coba Cek, Ini Kebiasaan yang Dilakukan Orang Cerdas!

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Salah satu metoda yang digunakan peneliti atau lembaga tertentu dalam mengukur tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang adalah dengan memperhatikan kebiasaan yang dilakukan oleh orang tersebut.

Kebiasaan dijadikan salah satu tolak ukur bagi peneliti atau lembaga dalam memberikan penilaian terhadap tingkat kecerdasan seseorang. Kali ini, harapanrakyat.com melansir informasi dari sejumlah sumber soal kebiasan orang yang memiliki kecerdasan intelektual.

#Meja Berantakan

Hasil penelitian tahun 2013 yang dikeluarkan Universitas Minnesota menyebutkan, barang atau benda yang ditaruh secara sembarangan di atas meja kerja atau belajar memicu kreatifitas pemilik meja tersebut. Tidak hanya itu, kondisi ini juga memotivasi orang tersebut berpikir di luar kebiasaan (out of the box).

#Produktif di Malam Hari

Seseorang yang aktif dan produktif di malam hari memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan mereka yang aktif dan produktif di pagi atau siang hari. Seseorang yang produktif di malam hari seringkali dianalogikan dengan seekor burung hantu (night owl).

Dan menurut hasil penelitian, night owl diketahui mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan morning bird.

#Menunda Pekerjaan

Walaupun seringkali dianggap negatif, seseorang yang seringkali menunda pekerjaan ternyata memiliki keterkaitan pengaruh dengan tingkat kecerdasan. Pasalnya, mereka yang kerap menunda pekerjaan biasanya seseorang yang perfeksionis. Orang seperti ini khawatir dan takut melakukan kesalahan. Dan sifat ini seringkali ditemui pada seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

#Merasa Kurang Kompeten

Seseorang yang memiliki kecerdasan yang tinggi biasanya jarang memperlihatkan dan mengumbar kecerdasan dirinya. Bahkan sebaliknya, orang ini seringkali merasa tidak menyadari kecerdasan yang dimilikinya. Oleh peneliti, fenomena seperti ini disebut sebagai Dunning-Kruger Effect.

Menurut peneliti, pada beberapa kasus, terdapat individu yang sering merasa gugup serta mempertanyakan sendiri kemampuan yang dimilikinya. Faktanya, rasa gugup pada kondisi tertentu justru bagian dari tanda kecerdasan seseorang.

#Mengambil Risiko

Seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi juga memiliki kebiasaan mengambil risiko. Apalagi jika dihadapkan dengan sebuah tantangan. Kepercayaan diri dalam kondisi seperti ini didasari dari kecerdasan yang dimilikinya.

Dari hasil eksperimen yang dilakukan di Finlandia, menyebutkan bahwa mereka yang sering mengambil risiko serta terbuka dan menerima tantangan baru cenderung merupakan orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi.

#Senang Menyendiri

Jangan salah, seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi juga memiliki kebiasaan senang menyendiri. Orang seperti ini bukannya tidak suka bersosialisasi. Hanya saja, dari hasil peneltian menyebutkan, orang seperti ini tidak mendapat kepuasan tinggi dari kegiatan bersosialisasi. (Deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

Leave a Reply