Gobeljek dan Gokkab Banjar Bantu Air Bersih ke Warga Mulyasari

Gobeljek dan Gokkab Banjar Bantu Air Bersih ke Warga Mulyasari

Gobeljek dan GOKKAB Kota Banjar saat membagikan air bersih ke masyarakat Dusun Sukamaju RT 3 RW 04 Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puluhan anggota Gabungan Organisasi Becak dan Ojek (Gobeljek) dan Gabungan Ojek Kamtibmas Kota Banjar (GOKKAB) Kota Banjar melakukan bhakti sosial membagikan air bersih ke masyarakat Dusun Sukamaju RT 3 RW 04 Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu (23/07/2017).

Pembagian air bersih yang langsung dipimpin Ketua Gokkab dan Gobeljek, H. Yoyo Suharyono, antusias warga begitu terasa saat mereka diberi tahu bahwa ada pembagian air. Ternyata, antusias mereka lantaran beberapa bulan lalu hingga saat ini mereka kesulitan air.

Mengandalkan air yang turun dari gunung, masyarakat sekitar harus rela mencari sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka. Meski terdapat dalam satu RT itu bak penampungan air yang dibuat dari Pemprov Jabar, namun tak digunakan karena pasokan air yang terbilang minim.

Cati (51), warga setempat, mengatakan, kekurangan air bersih di wilayahnya itu sudah menjadi langganan, terlebih bila musim kemarau tiba. Tak hanya itu, sumur yang dimiliki warga juga tak bisa lagi diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Paling kita harus mengambil air gunung dari saluran-saluran air yang ada, itu pun juga kita harus saling berbagi dengan warga lain. Kita butuh sumur bor yang bisa digunakan untuk warga satu RT ini. Hadirnya H. Yoyo membawa air bersih ke sini, saya sangat senang sekali. Mudah-mudahan beliau bisa terus mengayomi masyarakat seperti kita ini,” jelasnya kepada HR Online.

Hal senada juga diungkapkan Joko, Ketua RT 03. Menurutnya, satu lingkungannya tersebut terdapat sekitar 70 kepala keluarga (KK) dan yang kesulitan air sekitar 50 KK. Meskipun saat ini H. Yoyo beserta rombongan membawa air bersih untuk pertama kalinya, ia harapkan untuk mencari solusi agar setiap kemarau tiba masyarakat tidak kekurangan air bersih.

“Sudah beberapa kali disurvei dan hasilnya itu harus buat sumur bor yang kedalamannya harus sekitar 120 meter. Datangnya bantuan air ke sini dari H. Yoyo beserta rombongan, kami atas nama masyarakat sangat berterima kasih dan mendukung gerakan-gerakan nyata beliau membantu masyarakat. Apalagi beliau adalah salah satu Bakal Calon Walikota Banjar,” ungkapnya.

Sementara itu, H. Yoyo, mengatakan, sejumlah wilayah di Kota Banjar berdasarkan data dari BPBD Kota Banjar ketika menjelang kemarau selalu mengalami kekeringan. Karena hal itu, ia bersama komunitasnya berusaha memberikan solusi kepada masyarakat, terutama yang membutuhkan air bersih.

“Laporan warga yang mengalami kekeringan langsung kita tindaklanjuti dengan kegiatan ini. Rencananya kita hari ini ada tiga daerah yang akan diberi air bersih. Mudah-mudahan dengan kegiatan sosial ini bisa membantu mereka dalam hal air air bersih dan selanjutnya kita juga akan kirim air bersih lagi ke depannya,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles