Iing: Pemkab Ciamis Siapkan 300 Unit Bantuan Rumah dengan Konsep Gotong Royong

26/07/2017 0 Comments
Iing: Pemkab Ciamis Siapkan 300 Unit Bantuan Rumah dengan Konsep Gotong Royong

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, saat penyerahan simbolis buku tabungan kepada warga penerima BSPS di Kecamatan Panjalu, beberapa waktu lalu. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabuputen Ciamis kembali menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap II dari Program Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpera), kepada 425 kepala keluarga (KK) di Desa Ciomas, Maparah dan Sandingtaman, Kecamatan Panjalu.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, usai penyerahan simbolis buku tabungan kepada warga penerima BSPS di Kecamatan Panjalu, beberapa waktu lalu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenpera karena telah memberikan program BSPS kepada masyarakat Ciamis.

Iing mengungkapkan, melalui program ini pihaknya berharap warga penerima dapat menggunakan bantuan tersebut dengan baik. Sehingga rumah yang sebelumnya tidak layak huni menjadi layak huni.

Pada kesempatan itu, Iing menjelaskan, program BSPS diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori rumah tidak layak huni. Penerima disesuaikan dengan data yang diberikan pihak desa kemudian diverifikasi oleh fasilitator dan pemerintah.

“Saya ingin dengan bantuan ini, warga penerima menggunakannya sesuai dengan program, dan bantuan ini tidak digunakan untuk keperluan lain selain membangun rumah,” jelasnya.

Iing juga berjanji, wilayah Kecamtan Panjalu sudah masuk dalam program tuntas bantuan perumahan. Sehingga, bagi warga yang belum mendapatkan bantuan jangan berkecil hati karena nanti secara bertahap pasti akan kebagian program tersebut.

“Kita sudah mempersiapkan anggaran dari APBD untuk program bantuan perumahan sebanyak 300 unit. Konsepnya gotong-royong, sehingga penerima bantuan bisa membangun rumah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPL) Kabupaten Ciamis, Oman Rohman, mengatakan, bantuan BSPS yang diberikan kepada warga tiga desa tersebut merupakan kali kedua.

“Untuk BSPS yang dibagikan ke warga Panjalu ini berupa Peningkatan Kualiatas (PK) dengan anggaran per-rumah Rp. 15 juta. Jumlah penerima mencapai 425 warga. Dan jika ditotalkan, bantuan ini mencapai Rp. 6 miliar,” ungkapnya.

Oman menjelaskan, BSPS ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu Pembangunan Baru (PB), Peningkatan Kualitas (PK) dan Rutilahu. Setiap kategori memiliki anggaran yang berbeda. Untuk PB warga menerima Rp. 30 juta, PK Rp. 15 juta dan Rutilahu Rp. 10 juta.

Oman menambahkan, bantuan perumahan ini diberikan ke warga Desa Ciomas 50 unit, Maparah 75 unit, dan Sandingtaman 75 unit. Diakui Oman, proses untuk mendapatkan program bantuan ini tidaklah mudah.

“Tahapannya mulai dari pendataan dan usulan desa, lalu ke tingkat kecamatan, diteruskan ke tingkat kabupaten kemudian tingkat provinsi dan pusat. Alhamdulilah Ciamis terus mendapatkan progam BSPS, sehingga kita bisa terus bekerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” katanya. (es/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!