Ilmuwan Ungkap Ikan Jantan Jadi Bencong Gara-gara Limbah Pil KB

04/07/2017 1 Comment
Ilmuwan Ungkap Ikan Jantan Jadi Bencong Gara-gara Limbah Pil KB

Foto: Net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Menjaga keseimbangan alam dari bahan-bahan berbahaya yang berdampak buruk bagi lingkungan maupun hewan perlu menjadi perhatian semua kalangan. Pasalnya, sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan ikan berjenis kelamin jantan berubah secara perlahan gara-gara limbah obat-obatan untuk manusia yang berupa pil KB.

Menurut Profesor Charles Tyler, peneliti asal Universitas Exeter, mengungkapkan dalam kesempatan Simposium Komunitas Pecinta Ikan Inggris ke-50 di Universitas Exeter seperti yang dilansir HR Online dari laman Telegraph, bahwa dirinya telah mengamati bermacam-macam jenis ikan di 50 tempat berbeda yang mana sikap dan hormon ikan terpengaruhi oleh zat kimia dari pil KB.

Dari pengamatannya, kebanyakan ikan kelamin jantan jenis roach berubah perilakunya menjadi mirip betina. Meski begitu, ia tidak menjelaskan secara detail soal cara membedakan perilaku ikan jantan dan betina.

Selain itu, Tyler juga mengungkapkan bahwa ikan-ikan jantan itu produksi spermanya menurun dan tidak agresif lagi seperti ikan jantan yang tidak terkontaminasi zat kimia. Sementara itu, yang paling mengejutkan beberapa dari ikan jantan itu bertelur.

Ia mengemukakan, perubahan pada ikan-ikan yang diteliti itu bukan hanya karena limbah obat manusia seperti pil KB, namun bahan kimia lainnya seperti pembersih, plastic serta limbah kosmetik sangat berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan ikan.

Tyler menjelaskan, proses pencemaran zat kimia terhadap ikan-ikan itu berawal dari masuknya bahan berbahaya tersebut ke habitat ikan melalui aliran saluran pembuangan rumah. Tak hanya pil KB saja yang merubah perangai ikan itu, obat antidepresi juga berperan besar merubah karakter ikan dari aslinya seperti beberapa ikan menjadi tidak malu-lau serta reaksi ikan terhadap pemangsanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply