Kehabiasan Ongkos, Pria di Ciamis Ini Nekad Curi Kotak Amal Mesjid

18/07/2017 0 Comments
Kehabiasan Ongkos, Pria di Ciamis Ini Nekad Curi Kotak Amal Mesjid

Pria berinisial Sup (25), tersangka kasus pencurian kotak amal mesjid, saat diperiksa di Mapolres Ciamis. Foto: Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Mengaku karena kehabisan uang untuk ongkos pulang, pria berinisial Sup (25), asal Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ini memutuskan mencari jalan pintas demi mendapatkan uang. Otak kriminalnya pun muncul. Dia langsung kepikiran membobol kotak amal mesjid. Karena menurutnya mencuri uang kotak amal mudah membobolnya.

Sup pun akhirnya menemukan target yang dituju, yakni Masjid Babussallam di Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Selasa (11/07/2017). Modusnya, dia berpura-pura melaksanakan sholat di mesjid tersebut. Setelah situasi dianggap aman, kemudian dia mencari keberadaan kotak amal.

Setelah kotak amal ditemukan, Sup tanpa basa-basi langsung membobolnya. Bermodalkan sebatang lidi yang sudah diulas getah nangka, akhirnya dia leluasa membobol uang dengan cara mencokel lubang kotak amal. Aksinya pun hampir mulus dan sudah berhasil mengeluarkan beberapa uang. Namun apes, aksinya keburu kepergok warga.

Saat seorang warga memergoki pelaku tengah mengasak kotak amal, rupanya tidak lantas berteriak. Warga itu memutuskan untuk memberitahukan kejadian tersebut ke warga lainnya. Puluhan warga pun berdatangan dan langsung menangkap pelaku.

“Saat ditangkap warga, pelaku sudah berhasil mengeluarkan uang dari kotak amal. Hal itu diketahui setelah warga mengeledah isi saku celana pelaku. Tapi beruntung warga tidak main hakim sendiri. Warga menyerahkan pelaku ke pihak kepolisian,” ujar Wakapolres Ciamis, Kompol Imam Rachman, Senin (17/07/2017). Atas perbuatannya, lanjut dia, pelaku akan dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

Saat diperiksa penyidik, Sup, mengaku dirinya mencuri uang di kotak amal mesjid karena kepepet uang untuk ongkos pulang. “Saya awalnya tidak berniat mencuri. Tapi saat mau pulang, saya tak punya uang untuk ongkos. Akhirnya, saya nekad mencuri uang pada kotak amal. Dan saya melakukan pencurian baru sekali ini. Sungguh saya sangat menyesal,” akunya.

Namun, nasi sudah menjadi bubur dan Sup pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di muka hukum. Dia akhirnya gagal pulang ke rumahnya dan kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Ciamis. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!