Kuota Peserta Didik Baru SMPN 2 Cipaku Ciamis Menurun

13/07/2017 0 Comments
Kuota Peserta Didik Baru SMPN 2 Cipaku Ciamis Menurun

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jumlah peserta didik baru di SMP Negeri 2 Cipaku, Kabupaten Ciamis, tahun ajaran 2017/ 2018 kali ini mengalami sedikit penurunan. Pasalnya, setiap tahun kuota peserta didik baru yang mendaftar mencapai lima rombongan belajar (rombel). Tapi tahun ini kuotanya berkurang menjadi empat rombel.

Cece, Guru SMP Negeri 2 Cipaku, ketika ditemui HR Online, belum lama ini, membenarkan penurunan jumlah peserta didik baru pada tahun ajaran kali ini. Menurut dia, penurunan itu terjadi paska berdirinya satuan pendidikan (sekolah) setingkat SMP di wilayah tersebut.  

“Biasanya, kuota peserta didik baru yang mendaftar bisa sampai lima rombel. Tapi setelah sekolah baru setingkat SMP berdiri, dengan jarak berdekatan, kuota peserta didik baru yang mendaftar berkurang menjadi empat rombel,” katanya.

Meski demikian, Cece mengakui bahwa persoalan orang tua ataupun calon peserta didik bebas memilih untuk melanjutkan pendidikan dimanapun. Hanya saja, keberadaan sekolah yang baru berdiri di satu wilayah berdampak terhadap penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMP Negeri 2 Cipaku.  

Warga yang enggan disebutkan namanya berpendapat, dengan adanya sekolah dengan jarak berdekatan, terlebih dalam satu wilayah, otomatis akan berdampak pada sekolah formal yang telah lama berdiri.

“Semestinya, aspek radius dari sekolah ke sekolah lainnya harus jadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerah agar tidak mudah mengeluarkan ijin operasional bagi sekolah yang baru,” katanya. (Dji/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!