Mantan Aktivis Mahasiswa Rencanakan Bentuk IKA PMII Banjar

Mantan Aktivis Mahasiswa Rencanakan Bentuk IKA PMII Banjar

Puluhan mantan aktivis PMII di Kota Banjar saat melakukan rembug alumni untuk menggagas IKA PMII Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puluhan mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Kota Banjar, melakukan rembug alumni PMII di rumah salah satu Anggota DPRD Kota Banjar, Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, di Dusun Margaluyu, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Minggu (16/07/2017) lalu.

Dalam kesempatan rembug alumni yang dihadiri berbagai angkatan PMII Kota Banjar, termasuk para mantan Ketua Umum PMII Banjar, mereka berencana akan membentuk sebuah wadah alumni guna mengakomodir para mantan aktifis PMII yang ada di Banjar dengan nama Ikatan Alumni (IKA) PMII Kota Banjar.

Rahmat, mantan Ketua Umum PMII Banjar definitif pertama, mengatakan, keberadaan para alumni PMII yang ada di Banjar sejak dirinya aktif di organisasi kemahasiswaan tersebut cukup banyak jumlahnya. Namun, karena faktor kesibukan dan belum adanya wadah yang menauinginya, ide gagasan untuk mengumpulkan kembali tersebut dinilai sangat tepat.

“Kalau di daerah lain sudah terbentuk dan kita akan menyusulnya. Untuk itu, langkah awal ini kita bersama-sama menyepakati membuat panitia ad hoc sebelum Konferensi Cabang (Konfercab) IKA PMII Banjar yang pertama kalinya digelar,” terang Rahmat.

Hal senada juga diungkapkan Irfan Saeful, mantan aktivis PMII Banjar saat masih cabang persiapan. Menurutnya, pembentukan panitia Ad Hoc itu dirasa sudah tepat waktunya karena secara data base para alumni sudah cukup lengkap. Apalagi, jebolan aktifivis dari daerah luar Banjar sudah terlihat dan membaur dengan yang ada di Banjar.

“Nantinya, dengan keberadaan IKA PMII itu, para alumni bisa membuat sebuah gerakan ataupun hal yang berkaitan dengan organisasi mahasiswa Islam ini. Apalagi soal penyaluran atau distribusi kader yang saat ini masih dalam proses pengkaderan,” imbuh Irfan.

Sementara itu, Zaini Abdul Hamid, Ketua Presidium Pembentukan IKA PMII Banjar, mengatakan, setelah terbentuknya panitia Ad Hoc itu, dirinya bersama tim menargetkan pada Agustus 2017 mendatang Konfercab IKA PMII Banjar sudah bisa dilaksanakan.

“Mudah-mudahan saja proses pembentukan ini berjalan dengan lancar. Saya harap, para alumni baik yang berasal dari Banjar maupun dari luar daerah yang saat ini di Banjar bisa menyatukan kekuatan untuk memajukan PMII,” katanya.

Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, Anggota DPRD Kota Banjar yang juga alumnus PMII Kota Bandung, juga mengatakan hal senada. Menurutnya, melalui ide gagasan membetuk wadah alumni tersebut diharapkan nanti bisa terlebih dahulu dikonsultasikan dengan IKA PMII Jabar ataupun Pusat. Sebab, IKA PMII merupakan organisasi yang terstruktur dari tingkatan pusat hingga daerah.

“Soal kontribusi dari alumni kepada kader ataupun untuk menyusun kekuatan lain yang perlu disepakati sudah tidak bisa diragukan lagi. Toh kita itu satu bendera, satu organ dan proses pengkaderannya sama. Saya harap, setelah IKA PMII Banjar terbentuk dari pusat bisa hadir untuk melantiknya, terutama Kang Hanif Dakhiri yang juga Menakertrans,” pungkasnya. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles