Masyarakat Sambut Baik Keberadaan TPA Sindangrasa Ciamis

17/07/2017 0 Comments
Masyarakat Sambut Baik Keberadaan TPA Sindangrasa Ciamis

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dibangun oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Lingkungan Hidup (DPRLH) di Desa Sinadangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Masyarakat di wilayah Ciamis selatan, meliputi Banjaranyar, Banjarsari, Purwadadi, Lakbok dan Pamarican, menyambut baik keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sindangrasa yang dalam waktu dekat ini segera dioperasikan.

Kuncoro Jati Suroso, tokoh masyarakat sekaligus Anggota DPRD asal Banjarsari, ketika ditemui Koran HR, Selasa (11/07/2017) lalu, menuturkan, keberadaan TPA Sindangrasa menjadi bukti kepedulian Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam menangani sampah.

“Ini adalah bukti nyata Pemerintah Ciamis dalam mengatasi permasalahan sampah di daerah, khususnya di wilayah Ciamis selatan. Kini, TPA Sindangrasa bisa menampung sampah dari masyarakat Ciamis selatan, khususnya Banjarsari,” ungkapnya.

Diakui Kuncoro, TPA Sindangrasa sudah sejak lama dinantikan masyarakat. Pasalnya selama ini persoalan sampah yang dihasilkan dari pasar Banjarsari selalu terkendala pembuangan. Karenanya, banyak sampah dibuang ke sungai atau irigasi.

“Saya sudah melihat TPA Sindangrasa. TPA ini memenuhi standar pelayanan persampahan. TPA ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Kantor UPTD, timbangan sampah, perbengkelan, armada dan pengolahan sampah,” jelasnya.

Kuncoro menambahkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Ciamis dalam rangka penilaian Adipura tahun 2017. Salah satunya memaksimalkan TPA Sindangrasa agar menjadi TPA terbaik di Jawa Barat.

Senada dengan itu, Wagino, wakil rakyat asal Pamarican. Ketika ditemui Koran HR, persoalan sampah yang terjadi di Pasar Pamarican kini sudah mendapat solusi berkat adanya TPA Sindangrasa.

“Meski armada pengangkut sampah belum beroperasi, namun dengan dibukanya TPA Sindangrasa ini maka sampah dari wilayah Pamarican nantinya bisa dibuang kesana, sehingga tidak ada lagi sampah yang dbuang ke sungai,” katanya.

Wagino menilai, banjir yang kerap terjadi di wilayah Pamarican salah satunya disebabkan karena persoalan sampah. Tapi setelah TPA Sindangrasa beroperasi, dia berharap banjir di Pamarican teratasi. (Es/Koran HR)

Berita Terkait

Selesai Dibangun, TPA Sindangrasa Ciamis Siap Digunakan

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!