Mata Bintitan Akibat Sering Ngintip, Mitos atau Fakta?

Mata Bintitan Akibat Sering Ngintip, Mitos atau Fakta?

Photo: Ilustrasi/Net.ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Mungkin kamu sering mendengar bahwa penyebab mata bintitan itu akibat suka mengintip. Padahal sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. bintitan dalam istilah medis disebut hordeolum, yakni benjolan di mata yang menyerupai jerawat atau bisul. Benjolan ini bisa muncul pada kelopak bagian luar maupun bagian dalam.

Bila terjadi demikian, maka si penderita akan merasakan nyeri yang hebat, serta bisa mengganggu penampilannya. Dikutip dari laman klikDOKTER, berikut ini penyebab mata kamu bintitan;

Tidak membersihkan sisa riasan mata

Biasanya wanita suka menggunakan riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow dan mascara. Penumpukan sisa riasan mata akan menyumbat kelenjar minyak pada kelopak mata, sehingga memicu timbulnya bintitan, ditambah dengan adanya infeksi fokal akibat bakteri.

Mengucek mata

Dalam dunia medis, mengucek mata memang tidak masalah. Tetapi, apakah tangan yang digunakan sudah bersih atau belum. Jadi, sebaiknya sebelum mengucek mata pastikan dulu tangan kamu bersih, misalnya dengan mencuci tangan terlebih dahulu atau gunakan hand sanitizer.

Tidak membersihkan softlens

Bila kamu menggunakan softlens, tentu menjaga kebersihan softlens sangatlah penting. Karena, jika tidak bersih dapat terjadi ulkus pada kornea matamu, dan juga bisa menimbulkan infeksi pada kelopak mata, dalam hal ini bintitan.

Malas mengganti seprei dan selimut

Apakah kamu sering bangun tidur dengan mata merah, berair dan gatal? Jika demikian, coba diingat lagi kapan terakhir kali kamu mengganti seprei dan selimut. Karena faktanya, seprei dan selimut yang jarang diganti juga bisa menyebabkan infeksi pada mata, termasuk bintitan.

Terpapar polusi udara

Polusi udara memang tidak dapat dihindari. Meski begitu, saat berada di luar yang berisiko banyak polusi udara kamu bisa memakai kacamata sebagai pelindung. Tujuan untuk mencegah debu kotoran yang terbang dan menempel pada mata, serta menyumbat kelenjar minyak.

So, anggapan sering bintitan karena suka mengintip hanya mitos belaka, sebab faktanya bintitan ditimbulkan oleh adanya infeksi pada kelopak mata akibat sumbatan kelenjar minyak. Jadi, jagalah kebersihan mata kamu supaya terhindar dari bintitan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles