Obama Setia Pakai BlackBerry, Ini Alasannya

02/07/2017 0 Comments
Obama Setia Pakai BlackBerry, Ini Alasannya

Photo: Ist/Net.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Obama mengukuhkan dirinya sebagai pengguna setia BlackBerry sejak tahun 2008. Di mana pada waktu itu adalah momen dia dalam memenangkan Pilpres AS untuk pertama kalinya.

Sebelumnya Obama sempat dilarang menggunakan BlackBerry dengan alasan keamanan. Tapi, karena terlalu ‘cinta’ dengan BlackBerry, dia tetap berjuang untuk tetap bisa menggunakannya.

Lantas, seperti apa kisah Obama dan kecintaannya terhadap ponsel pintar besutan vendor asal Kanada itu? Berikut ini kisahnya;

BlackBerry Obama Diklaim Teraman

Walaupun diperbolehkan memakai BlackBerry, namun Obama masih dibatasi menggunakannya. Aturan ini sengaja dibuat guna menjaga keamanan seorang presiden.

Juru Bicara Gedung Putih, Roberts Gibbs, mengatakan, Obama hanya boleh memakai ponselnya itu untuk berkomunikasi dengan staf senior serta teman-teman dekatnya. Sehingga, ponselnya diklaim sebagai BlackBerry paling aman di dunia.

Tingkat keamanan BlackBerry versi 8330 milik Obama telah dimodifikasi sedemikian rupa, yakni dengan solusi keamanan sandi seperti SecurVoice besutan Genesis Key. Solusi tersebut menjadi solusi keamanan ponsel pertama di dunia yang bisa mengamankan suara, data, dan video yang sudah memenuhi standar National Security Agency (NSA).

Kemudian, pada tahun 2014, yakni saat ponsel Android menginvasi ranah teknologi, muncul kabar bahwa staf Gedung Putih melakukan uji coba handset bertenaga Android yang akan memisahkan Obama dari BlackBerry-nya.

Namun, menurut laporan dari Wall Street Jaournal, bahwa penggantian BlackBerry dengan ponsel Android di kalangan staf Gedung Putih membutuhkan waktu lama. Bahkan, media asal AS itu menyebutkan, cukup sulit membayangkan Obama melepaskan BlackBerry miliknya, lalu menggantinya dengan ponsel Android atau iPhone. Pasalnya, Obama sudah sangat lama memakai BlackBerry sebagai perangkat komunikasinya. Dia juga dikabarkan akan tetap menggunakan BlackBerry sepanjang jabatannya sebagai Presiden AS.

Asumsi Obama masih menggunakan BlackBerry muncul saat dia akan melakukan perjalanan ke Las Vegas menggunakan helikopter kepresidenan AS, Marine One. Para jurnalis sempat kaget ketika Obama menghentikan langkahnya secara tiba-tiba saat hendak menaiki Marine One, sambil berkata “Saya lupa sesuatu.” Lalu dia berlari kembali ke dalam ruangan Gedung Putih diiringi ajudan.

Tak berselang lama Obama kembali ke luar sembari mengacung BlackBerry miliknya kepada para jurnalis dan berteriak “Apakah kalian pernah terlupakan sesuatu? BlackBerry saya tertinggal.”

Mungkin di antara kita ada yang bertanya-tanya, mengapa seorang presiden negara Adidaya seperti Obama, masih memakai BlackBerry. Padahal pengguna ‘kelas atas’ biasanya akan lebih memilih menggunakan iPhone.

Pertanyaan seperti itu sudah pernah dijawab Obama saat acara konferensi pemuda dan kesehatan AS yang berlangsung beberapa tahun lalu. Dia mengungkapkan, “Karena alasan keamanan, saya tidak diperbolehkan menggunakan iPhone.” (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!