PA Ciamis Terima 35 Permohonan Pernikahan Dini, Kebanyakan Hamil di Luar Nikah

14/07/2017 0 Comments
PA Ciamis Terima 35 Permohonan Pernikahan Dini, Kebanyakan Hamil di Luar Nikah

Ilustrasi Hamil di Luar Nikah. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Ciamis mencatat selama Januari hingga Juni 2017 sudah menerima sebanyak 35 permohonan disepensasi pernikahan dini. Sebagian besar pemohon mengajukan dispensasi pernikahan dini karena hamil di luar nikah. Data ini memang membuat miris semua pihak.

Humas Pengadilan Agama Ciamis, Ahmad Sanusi, mengatakan, pernikahan dini cukup beresiko terhadap utuhnya keberlangsungan pernikahan. Karena pasangan usia dini sebagian besar secara ekonomi belum mapan dan secara mental pun belum stabil. Namun begitu, kondisinya mau tidak mau harus dinikahkan, terutama ketika calon pemohon wanita sudah hamil di luar nikah.

“Kalau sudah hamil di luar nikah, tidak ada pilihan lain selain dinikahkan. Tetapi, saat hakim mengabulkan dispensasi pernikahan, tentunya dengan memberikan syarat, yakni meminta kepada orangtuanya masing-masing untuk memberikan bimbangan kepada anaknya yang dinikahkan tersebut,” ujarnya, belum lama ini.

Sebelumnya, Pengadilan Agama Ciamis mencatat dari bulan Januari sampai Juni 2017 sebanyak 2.054 perkara perceraian sudah masuk dalam rekapitulasi. Angka tersebut terbilang cukup tinggi apabila dibanding tahun sebelumnya. Sepanjang tahun 2016, tercatat hanya sekitar 3000 kasus perceraian di Kabupaten Ciamis. Sementara untuk tahun ini, baru di pertengahan tahun saja, sudah menembus angka 2000 kasus perceraian.

Dari 2.054 kasus perceraian, baru sekitar 1700 yang sudah diputus resmi bercerai. Sementara sisanya masih dalam proses di pengadilan agama. Sedangkan dari 2.054 kasus perceraian, 1.342 diantaranya gugat cerai atau istri yang menggugat suami. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!