Paska Difasilitasi SAPEDA dan BAZNAS Ciamis, Lansia Miskin Dapat Bantuan Renovasi Rumah & Pengobatan

06/07/2017 0 Comments
Paska Difasilitasi SAPEDA dan BAZNAS Ciamis, Lansia Miskin Dapat Bantuan Renovasi Rumah & Pengobatan

Ketua Koordinator Yayasan Maung Bodas wilayah Pamarican, Wawang Winiar, saat melihat kondisi pasangan keluarga miskin kakek Saring (64) dan nenek Somar (72), warga Dusun Karangcengek, RT 26 RW 06, Desa/ Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Yayasan Maung Bodas bersama komunitas Sahabat Peduli Janda dan Duafa (SAPEDA) serta Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Ciamis memberikan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada pasangan keluarga miskin kakek Saring (64) dan nenek Somar (72), warga Dusun Karangcengek, RT 26 RW 06, Desa/ Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

“Berawal dari postingan di facebook yang diupload oleh warga, lalu kami mencari tahu kebenarannya. Saat itu kami merasa tercengang saat melihat kondisi keluarga miskin ini. Betapa mirisnya, di dalam rumah gubuk reyot ini ada dua lansia,” kata Ketua Koordinator Yayasan Maung Bodas wilayah Pamarican, Wawang Winiar, Selasa (04/07/2017) lalu.

Parahnya lagi, kata Wawang, nenek Somar terkapar di dalam menahan sakit yang sudah lama diderita. Namun setelah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait, kini nenek Somar sudah mendapat perawatan di RSUD Ciamis. Rumahnya pun bisa dibangun melalui bantuan BAZNAS.

Ketua Relawan SAPEDA, Ruhimat Purnama, ketika ditemui Koran HR, Selasa (04/07/2017) lalu, mengatakan, pihaknya merasa prihatin karena sampai saat ini masih banyak warga miskin di Kabupaten Ciamis yang belum mendapat perhatian pemerintah.

“Selama ini kami selalu melakukan survey khusus ke lapangan. Kami juga selalu melakukan koordinasi dengan BAZNAS untuk memohon bantuan kemanusiaan. Alhamdulillah sudah berapa rumah para janda miskin yang telah direnovasi menggunakan dana bantuan dari BAZNAS. Salah satunya adalah keluarga lansia ini,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Pamarican, Endang Rahman, tidak menyangkal masih terdapat warga miskin di wilayahnya. Pihaknya mengaku sangat berterimakasih kepada relawan SAPEDA dan BAZNAS Ciamis karena mau terjun langsung menangani pesoalan kemiskinan. 

“Kami selaku pemerintah desa, jelas sangat berterimakasih kepada relawan yang sudah membantu keluarga Saring. Sebelumnya, keluarga ini kami ajukan ke pemerintah untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Hanya saja kelurga ini selalu menolak saat akan dirujuk ke rumah sakit. Mudah-mudahan dengan ini pemerintah daerah akan sigap merespon usulan dari bawah, sehingga bisa terjalin kesinambungan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!